Anggota DPRD Sumbar Dapil 4 Menjemput Aspirasi ke Daerah Permilihan

Anggota DPRD dari Dapil 4 Kab Pasaman dan Pasaman Barat saat reses di Rao,
Anggota DPRD dari Dapil 4 Kab Pasaman dan Pasaman Barat saat reses di Rao,

Pasaman, Editor.- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang besal dari daerah pemilihan (Dapil 4) Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat menjemput aspirasi kedaerah pemilihan. Kunjungan hari pertama (11/12)   yang dipimpin oleh Koordinator H. Muzli M. Nur, SPd mengadakan pertemuan dengan masyarakat Rao, bertempat di aula  Kogusda Unit II Rao.

Muzli M Nur Koordinator Reses Dapil 4 Kabuopaten Pasama  dan Pasaman Barat usai melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat menjelaskan, reses merupakan kewajiban  amanah  Undang Undang, selaku anggota DPRD  Provinsi Sumatera Barat  melakukan kegiatan reses  kedaerah pemilihan masing masing.

Pada tahun  pertama dan tahun kedua  untuk dapil 4 reses dilakukan di Kota Lubuk sikaping sedangkan pada tahun ketiga  tahun 2017 reses diadakan di Rao  dan Pasaman Barat. Tujuan reses ini adalah untuk menampung aspirasi masyarakat . yang akan menjadi bahan laporan anggota DPRD dari Dapil 4 pada  sidang paripurna  akir tahun 2017 , apa saja yang  harus kita  perhatikan pada tahun 2018 nanti, ujar Muzli M.Nur.

Muzli M.Nur  juga mengatakan, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat merupakan kewajiban yang harus disampaikan kepada pemerintah provinsi. Seperti normalisasi sungai yang disampaikan oleh masyarakat dananya tidak sedikit. Berdasarkan rekomendasi Bupati Pasaman untuk normalisasi sungai di Pasaman ini membutuhkan ana hampir 1 triliun  dari APBN. Inilah yang akan disampaikan secara resmi kepada pemerintah Provinsi melalui Sidang Paripurna.

Pada pertemuan ini Imran masyarakat Lubuk Layang juga menyampaikan, akibat banjir di daerah in, ratusan hektar lahan masyarakat tidak bisa ditanami. Untuk itu dia minta kepada DPRD Provinsi agar memperjuangkan untuk menormalisasi sungai yang ada di Kabupaten Pasaman, Batang  Siminail , Batang   Sumpur dan   Batang  Kasing.

Sementara Muklan S, Pjs Walinagari Persiapan Tarung Tarung Selatan Kecamatan Rao menyampaikan, daerah Tarung Tarung merupakan daerah perkebunan sawit dan perkebunan kaka0. Untuk itu dia minta kepda DPRD `Provinsi  perbaikan jalan lingkungan lebih kurang 10 Km. Dengan lancarnya jalan lingkungan ini akan memudahkan bagi petani untuk memasarkan hasil perkebunanya. Kondisi sekarang kalau masyarakat ke kebun mereka terpaksa bermalam di kebun  ditempuh dengan  berjalan kaki selama 2 jam.

Pada kesempatan ini Burhanudin Pasaribu anggota DPRD Provinsi yang juga putra daerah Rao menyampaikan, untuk normalisasi sungai di Kabupaten Pasaman,  ia sudah perjuangkan sampai ke Dirjen Pengairan. Untuk itu sekarang kita menunggu muda mudahan usulan  tersebut cepat direalisasikan oleh pemerintah pusat .

Sementara itu Sabar AS  anggota DRPR Provinsi dari dapil 4 mengatakan, dengan adanya peralihan kewenangan  pengelolaan SMA/SMK  ke Provinsi dari kabupten/kota, Rp 2,2 triliun dana APBD Sumbar tersedot pada sektor pendidikan, termasuk sarana dan prasarana sekolah sekarang juga jadi beban provinsi. Untuk  itu kedepan komunikasi antara kabupaten/kota dan provinsi  harus lancar jangan ada mis komunikasi.

Kedepannya  untuk menangani pendidikan ini dimungkinkan ada kerja sama antara provinisi dan kabupaten/kota dibuatkan payung hukumnya berupa  Peraturan Gubernur atau sejenisnya, sehingaga bisa menampung anggaran kabupaten/kota di provinsi kemudian didistribusikan kepada SMA/SMK di kabupaten/kota masing masing. Sehinga penanganan pendidikan kita di tingkat SLA bisa berjalan lebih baik, ujar Sabar As.

Sementara itu Yusrizal mewakili Camat Rao Selatan menyampaikan masaalah pembuatan KTP tergangu oleh jaringan, sehimgga pembuatan KTP jadi terganggu. Sementara masyarakat sangat butuh KTP,  seperti anak sekolah yang akan melanjutkan pendidikannya  ke perguruan tinggi sangat membutuhkan KTP, ujar  Yusrizal

Acara Reses anggota DPRD Sumatera Barat dari Dapil 4 Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat ini dihadiri hampir semua anggota DPRD dari Dapil 4, H. Muzli M. Nur  SPd, Burhanudin Pasaribu, Sabar AS. Drs  Suhemdi, Zusmawati SE, MM. H Amora Lubis, H Muslim M Yatim, Lc, MM, sementara Riva Melda dan Ahmad Khaidir berhalangan hadir. ** Herman

 

 

1225 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*