Ranperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Akan Selesai Tahun Ini

Padang, Editor.- Ranperda Zonasi wilayah Pesisir dan Pulau Pulau kecil akan selesai dalam tahun  2017 ini. Sekarang pembahasannya sudah hampir rampung dengan kabupaten/kota dan Instansi terkait. Dalam waktu dekat Pansus akan melakukan finalisasi terhadap Ranperda ini.

Hal ini disampaikan Yuliarman ketua Pansus Ranperda Zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil,  Kamis (14/12) usai melakukan rapat dengan kabupaten/kota terkait se Sumbar. Yuliarman sangat optimis Ranperda ini akan ditetapkan dalam tahun 2017 ini.

Pada kesempatan ini Yuliarman juga mengatakan, Ranperda ini sangat dibutuhkan oleh kabupaten/kota, karena menyangkut masaalah investasi yang harus dilaksanakan dan selama ini tertunda .Selain dari itu Perda ini juga dapat meningkatkan PAD, tidak hanya untuk provinsi tapi juga untuk kabupaten/kota, terutama 7 kabupaten/kota yang termasuk dalam rencana zonasi tersebut.

Pembahasan Ranperda Zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil  ini juga diselaraskan dengan RTRW kabupaten/kota. Kita berusaha menampung sekecil apapun masukan dari kabupaten, sehingga dengan selasainya ranperda   akan mendekati kesempurnaan, ujar Yuliarman.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat Yosmeri menyampaikan, Ranperda Zonasi wilayah pulau pulau kecil ini merupakan amanah Undang Undang yang mengatakan bahwa tata ruang laut harus diatur dengan perda daerah, karena RTRW  hanya berlaku untuk di darat .

 

Untuk itu kita berharap Perda ini segera kita tuntaskan. Kita meminta masukan dari semua stekholder, baik itu pelaku usaha, nelayan dan pemerintah daerah. Hal itu diakomondir disetiap diskusi, bahkan anggota dewan Juga sudah ke lapangan. Diharapkan pada tanggal 29 Desember mendatang Ranperda bisa ditetapkan, ungkap Yosmeri.

Diskusi Ranperda tentang Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil ini dipimpin oleh ketua Pansus Yuliarman dan beberapa orang anggota DPRD Sumbar yang masuk dalam anggota   Pansus, Drs Suhemdi, Zusmawati SE, MM, H. Widiyatmo, dan Zalman Zaunit. S.Sos dan juga dihadiri utusan dari  kabupaten/kota terkait  dan tim teknis . ** Herman

581 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*