Zusneli Zubir dan Undri Akan Bukukan Sejarah Kerajaan Pagaruyung

Suasana saat Uji Petik Sejarah Kerajaan Pagaruyung. (Dok. Istimewa)
Suasana saat Uji Petik Sejarah Kerajaan Pagaruyung. (Dok. Istimewa)

Padang, Editor.- Istana Pagaruyung merupakan salah satu kekayaan Sumatera Barat. Selain menjadi ikon pariwisata yang sangat diminati oleh pengunjung domestik dan mancanegara, peninggalan dari Kerajaan Pagaruyung ini juga menyimpan nilai historis yang sangat tinggi bagi suku Minangkabau.

Namun keberadaan Kerajaan Pagaruyung tersebut belum tersentuh oleh penulisan sejarah Minangkabau. Berkenaan dengan hal tersebut, Zusneli Zubir dan Undri, dua sejarawan Sumatera Barat menggelar Uji Petik Sejarah Kerajaan Pagaruyung pada hari Sabtu 30 November 2019 di ruang rapat kantor Dinas Pendidikan Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan, Padang.

“Kerajaan Pagaruyung merupakan suatu bentuk masa lalu yang belum terungkap. Penulisan buku sejarah Kerajaan Pagaruyung kami lakukan berdasarkan penelitian,” kata Zusneli Zubir saat memberi kata sambutan pada acara uji petik.

Zusneli Zubir juga mengatakan, “Penelitian ini untuk menjawab tentang kapan berdirinya Pagaruyung, bagaimana struktur pemerintahannya, kerajaan apa saja yang dibawahinya, bagaimana hubungan antara raja-raja yang dibawahinya, bagaimana bentuk pemerintahan kerajaan yang dibawahinya, dan bagaimana akhir dari kerajaan yang dibawahinya.”

Nopriyasman, Dosen FIB Unand yang ikut menghadiri uji petik memberikan tanggapan, “Zusneli Zubir dan Undri adalah orang yang kreatif dan produktif dalam menulis artikel dan buku. Karya mereka ini nanti dapat dianggap sebagai sumbangan konkrit mereka di bidang sejarah. Karena cerita tentang Pagaruyung tidak banyak dikenal masyarakat, kalau toh ada, lebih banyak tersebar dan terpenggal pada beberapa karya yang tidak bersifat komprehensif.”

“Terlepas dari kekuatan dan kelemahannya, penulisan buku sejarah Kerajaan Pagaruyung akan memberi informasi yang berguna pada pemahaman sejarah Kerajaan Pagaruyung. Kegunaannya tidak saja bisa menjadi pembangkit suasana dan nuansa kehidupan berkerajaan di Minangkabau, apalagi bila dihubungkan dengan kepentingan pariwisata Sumatera Barat. Yang tidak kalah pentingnya dapat merangsang dan makin menghidupkan dunia tulis menulis di Sumatera Barat pada masa kini dan masa datang,” kata Nopriyasman.

Acara uji petik juga dihadiri oleh Dra. Triana Wulandari, M.Si, dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Drs. Barlius, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, dan para pegiat sejarah di Sumatera Barat. “Penulisan buku sejarah Kerajaan Pagaruyung akan sangat bermanfaat, terutama bagi generasimuda. Terkait upaya pelestarian nilai budaya dan sejarah, sebaiknya generasimuda memiliki kemudahan dalam mengakses informasi sejarah, bisa saja dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi. Salahsatunya dengan cara membuat aplikasi khusus yang bisa diunduh melalui gadget mereka,” kata Triana Wulandari. ** Muhammad Fadhli

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*