Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz Pimpin Apel Gabungan Pencanangan Goro Bersama

Wawako Payakumbuh pimpin goro bersama dalam rangka peringatan hari peduli sampah Nasional 2021.
Wawako Payakumbuh pimpin goro bersama dalam rangka peringatan hari peduli sampah Nasional 2021.

 

Payakumbuh, Editor.- Wakil Wali Kota Payakumbuh pimpin apel gabungan pencanangan gotong royong bersama pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021 di Kota Payakumbuh yang dilaksanakan di Terminal Bus Koto Nan IV Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Jum’at (26/02).

Karena masih dalam pandemi Covid-19 pencanangan tersebut hanya dihadiri oleh Asisten II Elzadaswarman serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkantor disekitar kawasan tersebut seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi Dan UKM, Kecamatan Payakumbuh Barat serta Kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan pada peringatan HPSN tahun 2021 ini harus ada target bagaimana kepedulian terhadap sampah itu muncul dan ditanamkan ditengah-tengah masyarakat.

“Seperti saat ini masyarakat masih melihat bahwa pemerintahlah yang harus bertanggungjawab untuk memikirkan tentang sampah ini, dan sekarang bagaimana kita mentransformasikannya supaya peduli sampah itu ada di masyarakat kita,” kata Wawako Erwin Yunaz kepada media.

Kedepannya Wawako mengharapkan sampah ini tidak lagi menjadi masalah serius, dimana masyarakat tersebut mampu untuk mengolah sampah serta mengelompokkan sesuai dengan fungsinya, dan yang akan dibuang itu betul-betul sampah yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi.

“Makanya sekarang kita tengah giat mengedukasikannya kepada masyarakat bagaimana sampah itu bisa bernilai rupiah, sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor sampah ini,” ujarnya.

Beliau menambahkan, “Dan petugas kebersihan kita jadi mudah untuk mengumpulkan sampah-sampah yang sudah tidak terpakai lagi karena sudah dipisah-pisahkan oleh warga kita,” tukuk Wawako.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Dafrul Pasi mengatakan diperingatan HPSN ini pihaknya juga melaksanakan demo pengolahan sampah dirumah-rumah tangga yang dilaksankan di Kelurahan Payobasung.

“Kebetulan kita juga mendapatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari  untuk tiga dasa wisma kita berupa alat-alat untuk pengolahan sampah,” ucapnya.

“Harapannya sesuatu yang tidak berguna bisa menjadi hal yang berguna sehingga mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat kita,” lanjutnya.

Selain itu Dafrul menjelaskan akan melakukan kegiatan berolah raga sambil mengumpulkan sampah yang mana kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan jumat (05/03) depan dilokasi-lokasi yang dinilai rawan karena tidak ada petugas yang menyapu disekitar tempat tersebut.

Lebih lanjut Dafrul menyebut, “Kita juga akan melaksanakan turnamen futsal antar pelajar SMA se-Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota yang mana untuk pendaftaranya dibayar berupa sampah dan pemenangnya nanti akan diberikan tabanas berupa uang,” pungkasnya.* * Yus

128 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*