Warga Surian Positif Covid-19, Bupati Solok Gelar Jumpa Pres Mendadak

Arosuka, Editor.- Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM gelar jumpa pers secara mendadak terkait seorang warga Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dinyatakan Positif Covid 19, Kamis (16/4) bertempat di Guest House Arosuka.

Pada kesempatan itu Bupati solok H.Gusmal, SE, MM kepada awak media menjelaskan kronologis pasien Positif Covid 19 tersebut, pada hari Senin tanggal 13 April 2020 pasien datang ke praktek dokter ditemani oleh menantu. Saat itu dokter yang menangani pasien tersebut hanya menggunakan masker kain biasa. Pasien datang dengan keluhan kebas pada daerah wajah dan lengan sebelah kiri, demam tidak ada , batuk tidak ada, BAB dan BAK biasa, mual muntah tidak ada. Pada pemeriksaa fisik didapatkan keadaan umum baik, pasien sadar, tekanan darah 130/80 Mmhg, nafas 16x/i, nadi 84x/i, suhu 37’C. Dan diberikan obat sesuai dengan gejalanya. Pasien memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi sejak lebih kurang 5 tahun yang lalu.

Pada tanggal 14 april 2020 keluarga berinisiatif untuk merujuk pasien ke RSUD Arosuka dengan keluhan nyeri perut di ulu hati, pasien ke RSUD Arosuka menggunakan kendaraan sendiri serta diantarkan oleh keluarga sendiri.

Pada tanggal 15 April 2020 surveilans Puskesmas mendapatkan informasi dari Surveilans Dinas Kesehatan bahwa ada seorang pasien di RSUD Arosuka dinyatakan sebagai PDP berasal dari Puskesmas Surian. Pada hari itu juga dilakukan swab tenggorokan oleh RSUD Arosuka dan sampel dikirim ke labor UNAND.

Pada hari kamis 16 April 2020 jam 12.20 WIB, RSUD Arosuka menelpon dokter Puskesmas Surian menyatakan bahwa pasien minta pulang paksa, dan dianjurkan untuk tetap isolasi dirumah selama 14 hari. Diminta kepada Puskesmas Surian untuk memantau perkembangan penyakit pasien selama 14 hari.

Pada hari kamis 16 April 2020 jam 19.27 WIB dokter Puskesmas mendapat informasi bahwa pasien yang pulang paksa PDP dinyatakan positif COVID 19. Langkah langkah yang diambil Forkopimcam, melakukan Rapat Terbatas di kantor camat.

“Untuk langkah yang diambil oleh Pemkab solok yakni melaporkan kepada Dandim 0309/Solok, Koordinasi dengan Forkopimcam untuk lokalisasi wilayah jorong, menginstruksikan kepada jajaran medis Puskesmas untuk memetakan riwayat kontak pasien, menunggu tim dari Gugus Tugas Kabupaten untuk menjemput Pasien,” ucap Gusmal

Turut hadir pada pemberian keterangan Pers tersebut Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, DANDIM 0309  Letkol ARM Reno Triambodo, Asisten Koordinator Edisar, Asisten Bidang Eksbang Kesra Medison, Kepala Barenlitbang Erizal, Kadis Kesehatan Dr.  dr. Marzetty Marwazi, Direktur RSUD Arosuka  Musfir Yones Indra, Kepala Kantor Kesbang Junaidi, Kabag Humas Syofiar Syam serta Kabag Umum Syefdinon.** Roni Akhyar/Hms

 

573 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*