Walikota Sawahlunto Sampaikan Nota Penjelasan Atas Tiga Ranperda Tahun 2021

Wakil Walikota Sawahlunto menyampaikan Ranperda Tahun 2021.
Wakil Walikota Sawahlunto menyampaikan Ranperda Tahun 2021.

Sawahlunto, Editor.- Wakil Walikota Sawahlunto menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Sawahlunto dengan agenda dalam rangka Penyampaian Nota Penjelasan Walikota Sawahlunto Atas tiga Rancangan Peraturan Daerah Kota Sawahlunto Tahun 2021 di Ruang Rapat DPRD Kota Sawahlunto pada hari Senin, 18 Oktober 2021.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu, SE didampingi Wakil Ketua H. Jaswandi, SE dan Elfia Rita Dewi, SH  serta Sekretaris DPRD Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry dan 14 Anggota DPRD Kota Sawahlunto.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna itu Dr. dr. Hj. Ambun Kadri, MKM dan jajaran Forkopimda termasuk Kepala Kejaksaan Negeri Sawahlunto, Dr. Abdul Mubin, ST, SH, MH.

Dalam penjelasan Walikota yang dibacakan oleh Wakil Walikota Sawahlunto menyampaikan dalam Nota Penjelasan Atas 3 (tiga) Ranperda yang telah kami sampaikan pada tanggal 29 Juni 2021 yang lalu, dan telah dilakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kota Sawahlunto pada tanggal 14 Juli 2021.

Adapun Ranperda dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Rancangan Peraturan Daerah Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah;
  2. Rancangan Peraturan Daerah Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah; dan
  3. Rancangan Peraturan Daerah Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Kota Layak Anak.

Selanjutnya kami jelaskan beberapa pokok pikiran dan latar belakang penyusunan 3 (tiga) Ranperda yang telah disampaikan kepada DPRD Kota Sawahlunto.

Dalam Ranperda Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, dipandang perlu dilakukan penataan kembali, ujar Wakil Walikota.

Pembentukan perangkat daerah baru meliputi perangkat daerah dibidang komunikasi, informatika, statistik yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan pemerintahan bidang statistik dan urusan pemerintahan bidang persandian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang bencana.

Berdasarkan pertimbangan di atas, Peraturan Daerah ini ditujukan untuk memberikan kepastian hukum pelaksanaan tugas dan fungsi bagi perangkat daerah yang berorientasi pada perlindungan, pelayanan, pemberdayaan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ranperda Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah ditemukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, yakni dalam Pasal 20 ayat (1) yang langsung mendelegasikan tata cara penyelenggaraan cadangan pangan. Penyelenggaraan Cadangan Pangan merupakan kegiatan pengadaan cadangan pangan, pengelolaan cadangan pangan dan penyaluran cadangan pangan.

Sementara Ranperda Kota Sawahlunto Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak ditemukan dalam Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak yang langsung mendelegasikan tentang penyelenggaraan kota layak anak untuk diatur dalam Peraturan Daerah.

Wakil Walikota Sawahlunto, H. Zohirin Sayuti berharap pemahaman yang mendalam terhadap substansi Ranperda tersebut, serta dengan kesamaan persepsi maka sesuai dengan mekanisme yang ada Ranperda ini dapat dibahas bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Sawahlunto.**

87 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*