Walikota Sawahlunto Dambakan PT. KAI Aktifkan Kembali Kereta Api Di Sawahlunto

Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH saat memberikan usulan mengaktifkan kembali kereta api.
Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH saat memberikan usulan mengaktifkan kembali kereta api.

Sawahlunto, Editor,- Usulan untuk mengaktifkan kembali kereta api di Sumatera Barat, khususnya di Sawahlunto, telah disampaikan langsung kepada Direktur Utama PT. KAI, Didiek Hartantyo pada pertemuan yang difasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, Senin 24 Mei 2021 di Jakarta.

Walikota Sawahlunto, menyampaikan kepada jajaran Direksi PT. KAI bahwa Sawahlunto sangat mendambakan dan membutuhkan dihidupkannya kembali kereta api. Sebab, kereta api ini akan membawa banyak manfaat bagi kota dan masyarakat, terutama dari sisi pariwisata dan transportasi.

“Bagi Sawahlunto, kereta api ini telah menjadi salah satu elemen sejarah yang turut membangun kota ini. Dibangunnya jalur kereta api dari Sawahlunto sampai ke Pelabuhan Teluk Bayur di Padang, itu disebabkan untuk transportasi batubara yang ditambang dari Sawahlunto”.

Maka itu, kita berharap besar usulan ini dapat direalisasikan oleh PT. KAI yang tentunya juga bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, karena untuk urusan jalur rel dan sarana  pendukung lainnya itu merupakan bidangnya Kementerian Perhubungan, harap Deri Asta

KAI dan Kemenhub sebenarnya telah mulai bekerja dalam menghidupkan kembali kereta api di Sawahlunto ini. PT. KAI, itu telah mereparasi (memperbaiki) lokomotif uap legenda E 1060 yang kita kenal dengan nama MAK ITAM. Sementara Kemenhub dalam tahun ini sedang melakukan revitalisasi jalur rel kereta api dari Stasiun Kampung Teleng sampai ke Stasiun Kampung Teleng.

Untuk itu, kita berterimakasih banyak kepada PT. KAI dan Kemenhub atas perhatian dan kinerja yang telah dilakukan bagi Sawahlunto.

Apresiasi dan terimakasih kita sampaikan juga pada Andre Rosiade yang telah melakukan upaya mendukung program Pemko Sawahlunto dengan membawa kita dapat bertemu dan berdiskusi dengan Kementerian dan lembaga/instansi negara terkait di tingkat pemerintah pusat.

Fasilitasi ini sangat berkontribusi besar dan strategis bagi kami dalam menjalin sinergi dengan pemerintah pusat, imbuh Deri Asta

Deri Asta mengucapkan terimakasih juga untuk dua Srikandi dari Sawahlunto yang mendampingi dalam menemui Direktur Utama PT. KAI ini, yaitu Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu, SE dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr.dr. Hj. Ambun Kadri, MKM.**Leo/Hms

231 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*