Walikota Riza Falepi Panen Padi Raya Dem Area

Payakumbuh, Editor.– Kebahagiaan terpancar di wajah puluhan petani anggota Kelompok Tani Tunas Mekar Kelurahan Payobasung, Payakumbuh Timur. Panen padi mereka naik signifikan, dari kondisi awal 5 ton/hektar, menjadi 7,4 ton/hektar. Sentuhan tekhnologi, dengan pemakaian unsur hara Nutrimas sebagai media pemurnian tanah membuat produksi meningkat tajam.

“Kami telah membuktikan, kalau sentuhan Nutrimas telah membawa berkah bagi Keltan Tunas Mekar. Kami akan ajak seluruh petani lainnya, khususnya di Payobasung menggunakan Nutrimas,” kata Ketua Keltan Almuhar Fahmi  Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (12/8).

Dibimbing Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh, Keltan Tunas Mekar  membuat program  Dem Area Padi, di atas lahan seluas 30 hektar. Saat dilakukan panen raya, langsung dilakukan Walikota H. Riza Falepi bersama Kadis Tanaman Pangan Zulinda Kamal, Penyuluh Wilayah Binaan Eni Kurniati dan Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi, ternyata hasilnya diluar dugaan petani anggota keltan. Semuanya, memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan dimaksud, ungkap Almuhar.

Keterangan Kepala Dinas  Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Zurlinda, hasil panen dimaksud akan lebh besar lagi, jika asupan air ke keltan mencukupi. Tapi, karena ada perbaikan irigas ke sawah setempat, membuat hasilnya masih belum maksimal. Menurut Zurlinda, jika air tak terkendala, kemungkinan program Dem Area itu akan lebih tinggi lagi hasilnya.

Dikatakan, kita sudah diperintahkan Walikota Riza Falepi, untuk terus melakukan program yang sama,  dengan penerapan tekhnologi pertanian ini. Bukan hanya di Payobasung saja, melainkan buat seluruh kecamatan. Sehingga Payakumbuh mampu menaikkan produksi menjadi 10 ton/hektar. “Insya Allah mimpi walikota itu akan dapat dipenuhi jajaran dinas pertanian,” tegas Zurlinda. ** Yus

673 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*