Walikota Riza Falepi Ajak UMSB Cetak Lulusan Berdaya Saing

Wako Riza Falepi saat memberi orasi ilmiah di UMSB.
Wako Riza Falepi saat memberi orasi ilmiah di UMSB.

Payakumbuh, Editor.- Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT didaulat memberi  orasi ilmiah dalam Rapat Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dalam rangka Wisuda Ke-64. di Convention Hall Kampus tersebut, Sabtu (22/6).

Walikota mengangkat Tema “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”.

Rapat senat yang dipimpin langsung Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, M.Ag dihadiri banyak kalangan, diantaranya Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Kepala LL Dikti, Yandri Anas, Pengurus PP Muhammadiyah, Prof. Sutrisno, Pimpinan Koordinator Kopertais VI, Erwin M.Ag, dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Prof. Sofwan Karim, serta para dosen dan karyawan serta wisudawan/ti UMSB.

Diawal paparan, Walikota menyampaikan potensi besar yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia baik dari sisi sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan terbanyak ke-4 di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.

“Negara kita sangat kaya baik dari sisi potensi alam dan juga manusia. Hal itu membuat Indonesia ini menjadi market (pasar,red) paling potensial oleh negara negara maju baik untuk pemasaran produk mereka maupun mengambil keuntungan dari kekayaan alam kita,” ujar Walikota Riza membuka paparan.

Dikatakan, makanya sejak dahulu Indonesia hendak dikuasai atau dijajah oleh negara negara barat untuk mengambil keuntungan geografis dan demografis tersebut. Jika dahulu Indonesia dijajah secara fisik atau langsung, maka hari ini Indonesia hendak dijajah secara tak langsung.

“Sekarang ada namanya proxy war atau perang asimetris. Dimana untuk menguasai suatu daerah tidak perlu dengan perang terbuka, sebab akan memakan biaya banyak, cukup dengan melemahkan SDM wilayah tersebut dan menguasai simpul-simpul kekuasaan untuk menarik keuntungan dari sana. Ini dampaknya jauh lebih besar bagi negara kita,” ujar Walikota Riza Falepi.

Dikatakan, jika potensi SDA dan SDM Indonesia ini dikelola secara benar dan serius, maka Indonesia akan mampu mengatasi persoalan hutang yang hari ini merampas kemerdekaan bangsa secara tidak langsung. Menurutnya, pemimpin nasional harus punya strategi dan fokus kepada pembangunan yang bisa meningkatkan daya saing bangsa.

Diterangkan, pemimpin nasional harus mampu meningkatkan daya saing bangsa yang saat ink berada diperingkat 45 dunia dan hanya nomor 4 di Asean. Indonesia harus mampu membangun sektor yang bisa meningkatkan pendapatan negara sekaligus melunasi hutang negara ini. Dikatakan, dirinya melihat industri minyak sawit (CPO) dan potensi laut (Aquaculture) menjadi dua sumber daya alam yang bisa menjawab tantangan itu.

Riza berharap institusi UMSB mampu mewujudkan lulusan yang produktif dan memiliki daya saing tidak hanya di Sumatera Barat tapi juga daya saing nasional bahkan internasional.

“UMSB sebagai bagian dari entitas Muhammadiyah adalah modal ummat terbesar. Tidak ada ormas di Indonesia yang memiliki aset sebanyak Muhammadiyah. Maka mari menjadi pelopor kebangkitan bangsa, mencetak kader pemimpin nasional serta lulusan yang punga skil dan mampu bersaing,” ajak Riza Falepi.

Sebelumnya, Rektor UMSB dalam pidato pembukaannya menyampaikan visi misi dan capaian UMSB selama ini. Dikatakan, UMSB sebagai bagian dari Gerakan dakwah Muhamamdiyah kedepan akan lebih gesit dan lebih baik lagi demi kemajuan bangsa.

“Alhamdulillah, telah banyak alumni UMSB yang berhasil, ada yang menjadi kepala daerah, pemimpin lembaga pendidikan, pimpinan lembaga hukum.dan politik, dan lain-lain. Semua telah mengharumkan nama UMSB dan Muhammadiyah,” ujarya.

Dilaporkan, dengan pelaksanaan wisuda ke-64, maka jumlah lulusab UMSB tercatat sebanyak 12.441 orang. “Selamat kepada para lulusan, kami lepas saudar kembali ke masyarakat untuk berbuat makruf. Untuk  keselamatan hidup umat manusia,” pungkas Dr. Riki Saputra. ** Yus

421 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*