Wako Riza Falepi Kucurkan Rp 500 Juta Untuk TC Atlet Porprov Sumbar XIV

Payakumbuh, Editor.- Atlet yang tergabung dalam 29 cabang olahraga yang tengah menjalani pemusatan latihan daerah, menuju Porprov Sumatera Barat XIV/2016, di Padang, menerima uang pembinaan, total Rp500 juta dari pemko. Tiga atlet dari cabang olahraga secara simbolis menerima  uang TC tersebut, masing-masing Wedi dari cabor karate, Farza Cadissa Fitri dari tenis dan Puja Ningsih dari taekwondo.

Uang pembinaan itu diserahkan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (11/10). Dihadiri Kepala Disparpora Hj. Elfriza  Zaharman, Kabid Olahraga Hadiatul Rahmat, S.pd,  sejumlah pengurus harian KONI, seperti Zurmanuddin, Eri Bastari dan Zulfahmi. Kemudian juga hadir pengurus cabor bersama Asisten II Setdako H. Amriul.

Menuju medan laga Porprov Sumbar yang akan dihelat di Padang, 17 November 2016, dilaporkan Kadisparpora Elfriza Zaharman, berkekuatan 490 atlet, pelatih dan ofisial. Payakumbuh mentargetkan untuk masuk dalam papan atas perolehan medali Porprov. Cukup berat, tapi Disparpora bersama KONI akan terus mendorong ke-29 cabor yang terlibat mampu menyiapkan atlet terbaiknya hingga pesta digelar, bulan depan, kata Elfriza.

sari-aterDana pemusatan latihan yang diberikan, dikatakan Elfriza, baru tahap pertama. Setiap atlet dan pelatih  menerima Rp963.500 setelah dipotong pajak. Pemko, katanya, akan mengucurkan uang latihan untuk  tahap kedua, November, buat 12 hari latihan, dengan total dana tersedia Rp210.084.000. Atlet dan pelatih yang menerima uang pembinaan atau TC berjumlah 427 orang.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, pemberian uang pembinaan ini, mudah-mudahan bakal mendorong seluruh atlet dan pelatih menekuni latihan. Jumlah yang diberikan, diakui belum sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan selama latihan. Tapi, seyogianya diartikan, bahwa  pemko masih punya kepedulian tinggi kepada atlet dan pelatih cabor.

Walikota Riza Falepi menjanjikan, bagi atlet peraih medali emas pada Porprov mendatang, akan diberikan bonus paling rendah Rp25 juta. Jika uang daerah tersedia, tidak tertutup kemungkina peraih emas akan diganjar Rp30 juta, katanya.

Walikota Riza Falepi mengapresiasi semangat KONI dan cabor dalam melakukan pembinaan olahraga di Payakumbuh.  Walikota sangat senang, karena atlet yang dikirim ke Porprov merupakan putera daerah yang dibina melalui pembinaan yang berjenjang.

“Sejak dulu, kita mengharamkan mendatangkan atlet impor untuk memperkuat kontingen Payakumbuh. Biar tak mendapat medali, tapi yang dikirim berlaga adalah hasil pembinaan sendiri. Karena itulah pembinaan olahraga yang murni guna membangun karakter anak nagari ini,” tegas Riza. ** Yus

1069 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*