Wako Padang Mahyeldi, Tagana Harus Tahan Batanggang

Padang, Editor.- Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020 dilantik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Kamis (19/1). Dalam sambutannya Walikota menyebutkan, selaku relawan penanggulangan bencana, Tagana diminta siap menghadapi kondisi apapun dalam menghadapi bencana.

“Tagana dibentuk untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana. Tagana juga harus tahan ‘batanggang’ (begadang), tahan panas, tahan dingin,” kata Mahyeldi di Palanta kediamannya.

Walikota mengakui, Padang termasuk daerah potensi bencana. Karena itu, keberadaan Tagana cukup tepat sebagai relawan penanggulangan bencana.

“Tagana membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, pada saat, dan sesudah terjadinya bencana,”ungkapnya.

Cukup banyak tugas fungsi Tagana dalam bekerja, seperti melaksanakan pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana, melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, termasuk melaksanakan upaya-upaya pemulihan sosial korban bencana.

“Dari sisi keagamaan, Tagana telah melaksanakan syariat Islam, karena siap siaga itu sunnah dan syariah,”ucap Mahyeldi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat melalui Kabid Bantuan Jaminan Sosial, Irwan Basyir menuturkan bahwa jumlah Tagana Kota Padang termasuk paling banyak dibanding kabupaten / kota lain di Sumbar. Jumlah yang cukup banyak ini diharapkan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dalam setiap terjadinya bencana.

“Tagana Kota Padang luar biasa, jumlahnya 40 orang, kita harapkan pembagian kerjanya dapat terkoordinir dengan baik,”pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Amasrul menyebut bahwa pada tahun ini pihaknya akan merekrut 55 orang Tagana muda. Tagana muda direkrut dari 11 kecamatan yang ada di Padang.

“Nantinya mereka direkrut dan dilatih cara penanganan bencana selama tiga hari,” ungkapnya. ** Arman/hms

788 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*