Wako Hendri Septa Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pertokoan IPPI Pasar Raya Padang

Wako Hendri Septa saat meletakkan batu pertama.
Wako Hendri Septa saat meletakkan batu pertama.

Padang, Editor.- Walikota Padang Hendri Septa meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan pertokoan Ikatan Pedagang Pasar Inpres (IPPI) Pasar Raya padang. Pembangunan pertokoan IPPI Pasar Raya ini di bangun di samping gedung balai kota lama jalan M Yamin  Senin, (11/10/2021)

Hendri Septa mengulas,Pembangunan pertokoan IPPI Pasar Raya menjadi salah satu prioritas pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perdagangan. Mengingat penantian yang sangat panjang pasca Gempa 30 September tahun 2009 Pedagang IPPI belum mendapat tempat. Dan saat ini terwujud dibangun kembali pertokoan IPPI Pasar Raya.

Pasar merupakan pusat ekonomi penyelenggaraan sebuah kota, dimana putaran uang yang cukup besar. Pasar  tempat jual beli masyarakat, produsen dan konsumen. Hadirnya IPPI Pasar Raya menambah semaraknya dan sebagi etalase di Kota Padang khususya Sumatera Barat”,urai Hendri Septa.

Untuk itu, Pemerintah Kota Padang kembali membangun pusat pertokoan IPPI Pasar Raya  memberikan kesempatan bagi pedagang beraktifitas. Mudah-mudahan dengan dibangunnya pertokoan IPPI menjadi cikal bakal menggeliatnya ekonomi di Kota Padang”,terang Hendri Septa.

Ia menyebutkan, Pertokoan IPPI tidak hanya sebagi tempat perdagangan, namun menjadi daya tarik untuk pariwisata bahkan di pertokoan IPPI bisa dilaksanakn Pekan Ekonomi Kreatif (Ekraf), didepannya ada taman hijau Imam Bonjol jantungnya kota Padang menambah dayatarik wisatawan datang ke Kota Padang.Tidak lengkap kiranya kalau tidak berkunjung dan belanja ke pertokoan IPPI”,ungkap Hendri Septa.

Hendri Septa menambahkan, dibangunya pertokoan IPPI merupakan salah satu bentuk penataan pedagang di kawasan Pasar Raya. Pertokoan ini akan dibangun  sebanyak 24 petak dengan ukuran 3 X 4 meter dilengakap toilet dan parkir. Pertokoan IPPI menjadi rujukan pilihan utama bagi masyarakat yang akan membeli untuk memenuhi kebutuhan.

Jika pertokoan IPPI Pasar Raya ramai dikunjungi pembeli tentu yang diuntungkan bukan hanya pedagang dan pembeli, namun pemasok bahan dagangan seperti pelaku usaha disekitar IPPI. Pada akhirnya akan terwujud kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Dibangunyan pertokoan IPPI Pasar Raya akan tercipta kondisi pasar yang nyaman, bersih sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli”,ujarnya.

Selanjutnya sekretaris Dinas Perdagangan Kota Padang Afriadi Masbiran melaporkan. Setelah 11 tahun sejak pasca Gempa penantian yang cukup lama pertokoan IPPI kembali dibangun. tujuaan dibangun pertokoan IPPI ini tersedianya penyedia kebutuhan masyarakat. dan mengakomodir pedagang IPPI yang belum memiliki tempat, serta meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke Pasar Raya Padang.

Manfaat pembangunan pertokoan IPPI Pasar Raya adalah salah satu upaya penataan Pasar Raya yang lebih baik. Tersedianya pertokoan yang layak bagi pedagang IPPI. Disamping itu meningkatnya nilai transaksi pedagang khususnya di Pasar Raya Padang, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang melalui retribusi kawasan pasar”,tukuknya.

Hadir di kesemptan tersebut Forkopimda, kepala OPD terkait, pedagang dan masyarakat lainnya. ** Z/Herman

76 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*