Wako Bukittinggi Buka Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan

Wako Bukittinggi buka Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan.
Wako Bukittinggi buka Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan.

Bukittinggi, Editor.- Walikota Bukittinggi Erman Safar membuka Lomba Cipta B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023.

Lomba dan Penilaian IMBA tersebut, langsung dilaksanakan di Pedestarian Jam Gadang, Kamis (12/10).

Menurut Ketua TP PKK, Ny. Fiona Agyta Erman Safar, selaku Ketua Forikan Bukittinggi, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumber daya bahan lokal.

Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan lomba masak serba ikan tingkat Kota Bukittinggi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Ny Fiona Agyta Erman Safar berharap, upaya ini dapat lebih maksimal dan memberi dampak yang lebih luas kepada masyarakat serta menciptakan kreatifitas dan keanekaragaman menu, cara pengolahan, perubahan pola menu makanan menjadi menu beragam bergizi seimbang dan aman dikonsumsi (B2SA), harapnya.

Lebih lanjut Ny. Fiona Agyta, menambahkan, Lomba ini diikuti oleh 3 orang Kader PKK dari masing-masing Kelurahan sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA dan 3 orang Kader PKK sebagai peserta lomba masak serba ikan yang diikuti seluruh kelurahan Kota Bukittinggi, pungkasnya

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, Cipta makanan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan lomba masak ikan ini diadakan oleh pemko Bukittinggi karena ikan dianggap memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi untuk pertumbuhan anak.

Kreatifitas ini menjadi pemicu untuk masyarakat melahirkan inovatif untuk mengkonsumsi ikan setiap hari, sehingga dapat dijadikan menu makanan setiap hari untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menekankan penurunan stunting.

“Dengan menyediakan bekal makan siang B2SA dan snack sehat untuk anak sekolah serta mengalakkan kosumsi ikan kita persiapkan generasi emas menuju Bukittinggi hebat,” ungkap Wako.

Wako juga menambahkan, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan program nasional yang dicanangkan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan,sehingga sangat penting untuk pertumbahan dan kecerdasan otak.

Tahun ini Kota Bukittinggi mewakili Sumatra Barat untuk lomba forikan tingkat nasional yang terdiri dari tiga kategori. Menu balita, menu kudapan dan menu keluarga. Lomba ini akan dilaksanakan pada bulan November mendatang, pungkas Wako. ** Widya

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*