Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Kualitas SDM Aparat SAR  Perlu Ditingkatkan

Wagub Audy Joinaldi saat memberi sambutan.
Wagub Audy Joinaldi saat memberi sambutan.

Padang, Editor.- Untuk menyepakati dan menyusun rencana kontigensi kecelakaan kapal dan evakuasi korban reruntuhan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Padang mengadakan rapat koordinasi pencarian dan pertolongan daerah tahun 2022 di Padang, Rabu (16/2/22).

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dalam penutupan rakor tersebut mengatakan, sebagai negara yang berada di daerah rawan kecelakaan udara, laut, maupun darat, kemampuan dalam mengindentifikasi dan melakukan tindakan pencegahan kecelakaan penerbangan, pelayaran, serta lalu lintas sangat penting untuk ditingkatkan.

“Tidak dapat dipungkiri angka kecelakaan di darat, laut, maupun udara di negara kita cukup tinggi. Karena itu perlu penanganan secara komprehensif, multi sektor dan terpadu, salah satunya melalui rakor ini,” ujar wagub dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa selain koordinasi dan sinergitas yang baik antar stakeholders, peningkatan SDM aparatur juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Karena menurut wagub, kunci dari koordinasi yang optimal dalam operasi SAR berada pada kapasitas SDM yang dimiliki.

“Kunci koordinasi yang optimal dalam operasi SAR tentunya berada pada SDM aparatur, oleh sebab itu upaya-upaya peningkatan kapasitas melalui latihan bersama secara berkesinambungan perlu terus dilakukan untuk kesiapsiagaan menghadapi kedaruratan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Padang, Asnaidi menuturkan, pihaknya secara proaktif terus menjaga sinergitas dalam penanganan kecalakaan laut dan reruntuhan bersama instansi-instansi terkait.

“Dengan adanya kegiatan ini, mari kita jaga dan tingkatkan terus sinergitas dalam penanganan, khususnya kecelakaan kapal di perairan dan penanganan evakuasi korban reruntuhan” kata Asnaidi.

Pada kesempatan itu juga, Asnaidi memberikan apresiasinya atas kontribusi peserta rakor dalam menyusun naskah kontigensi penanganan evakuasi korban reruntuhan dan kecelakaan. Ia berharap ke depan seluruh stakeholders dalam pencarian dan pertolongan dapat mengimplementasikan rencana yang telah disusun bersama.

Menutup rakor, naskah kontigensi penanganan evakuasi korban reruntuhan dan kecelakaan ditandatangani oleh Korem 032/Wirabraja dan Lanud Sutan Syahrir Padang yang juga turut hadir, disaksikan Wakil Gubernur dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan. ** MC Prov Sumbar

87 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*