Wagub Nasrul Abit, Dharmasraya Pelu Pemekaran Nagari

Dhamasraya, Editor.- Wakil Gubernur  Nasrul Abit melakukan kunjungan  Safari Ramadhan ke Masjid Besar Al Ikhlas, Koto Baru, Dhamasraya,  Jum’at malam (9/6).  

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan Kunjungan Tim Safari Ramadhan Sumatera Barat bertujuan untuk membangun silaturrahmi  antara pemerintah  Provinsi Sumbar dengan masyarakat,  sekaligus mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

Dalam kesempatan Silaturrahmi  ini Tim Safari Ramadhan juga melakukan  sosialisasi program kebijakan dan juga menyerap aspirasi masyarakat  dalam meningkatkan kesejahteraan  pembangunan di Sumatera Barat.  Wagub Nasrul Abit juga mengajak pemerintah Dhamasraya dan masyarakat untuk melakukan pemekaran nagari sebagai upaya peningkatan pembangunan daerah.

“Guna meningkatkan pelayanan kepemerintahan di Dhamasraya, dirasa perlu  melakukan pemekaran nagari yang pada dasarnya  tidak menganggu kewenangan hukum, budaya, adat nagari karena pemisahan pemekaran nagari hanya bersifat administrasi kepemerintahan saja. Sementara tataran wilayah adat , ninik mamak kaum tetap seperti sebelumnya, “ katanya

Wagub Nasrul Abit juga mencontohkan , kemaren Pemkab Pasaman Barat telah melakukan pemekaran 72 nagari dari sebelumnya hanya  19 nagari. Dengan pemekaran ini akan mampu meningkatkan  pelayanan dan lebih memcepat pembanguan nagari tersebut,  terangnya.

Hadir dalam kesempatan itu,  Bupati Sutan Riska Kerajaan,  Anggota DPRD Sumbar,  Ketua DPRD Dhamasraya,  Forkopimda,  Kadis Perhubungan,  Kadis Perikanan,  Ka BKD, serta beberapa kepada OPD Dhamasraya, Biro Humas  dan Umum.

Selanjutnya juga Nasrul Abit juga mengajak masyarakat untuk selalu berhati hati dalam mengkomsumsi makanan,  perhatian agar tidak memakai zat yang dapat merusak fungsi kesehatan dalam tubuh.

“ Kita bersyukur dari informasi Pemkab Dhamasraya bersama Balai POM telah melakukan  sidak makanan di pasar  perbukaan dan makanan lainnya agar tidak ada lagi barang barang yang telah kadaluarsa serta juga melakukan tes makanan yang tidak mengandung zat-zat berbahaya dalam makanan, “ ungkapnya

Bupati Dhamasraya Sutan Riska Kerajaan dalam kesempatan itu menyampaikan, keingian agar jalan provinsi sejauh 4,5 Km, melihat perkembangan hari dirasa perlu pelebaran jalan, karena ini mengubungkan Sitiung dengan Koto Baru. Ada 14.000 jiwa penduduk di Kecamatan Sitiung yang membutuhkn akses dalam membawa hasil-hasil pertanian dan perkebunan.

Kemudian dalam menangkal abrasi sungai Siak, perlu dilakukan pemasangan batu beronjong karena pinggiran sungai sudah amat memprihatian, bisa berdampak pula pada lokasi pemukiman pendududk jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu besar harapan kami pemerintah provinsi dapat memberikan perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan anak cucu Dhamasraya nantiny, harapnya,

Dalam kesempatan tersebut Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 20 juta sebagai  motivasi pembangunan bidang keagamaan masyarakat. ** Zardi/Hms

745 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*