Wabup Padang Pariaman Rahmang Hadiri Pelantikan Tiga Kepengurusan PKDP

Wabup Rahmang saat memberi sambutan.
Wabup Rahmang saat memberi sambutan.

Batam, Editor.- Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM, didampingi Ketua GOW Ny. Yusneli Erza Rahmang, menghadiri pelantikan Pengurus Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kepulauan Riau (Kepri), Kota Batam dan Kabupaten Karimun untuk periode 2021 – 2026 yang bertempat di Hotel Golden View Kota Batam, pada Minggu (19/12).

Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKDP Kepulauan Riau dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKDP H. Refrizal, sedangkan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKDP Kota Batam dan DPD. PKDP Kabupaten Karimun oleh Ketua DPW. PKDP Kepulauan Riau Haji Nurman Muhammad Nur.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM. mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus yang baru dilantik. Beliau mengajak warga perantau Piaman di Batam dan Kepulauan Riau umumnya, agar selalu menjaga kekompakan dan bersinergi dengan Pemerintah setempat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan

Mengayomi dan tetap bersinergi dengan Pemerintah, sesuai pepatah Minang. Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung” ucapnya.

Ia juga mengajak warga perantau Piaman di Batam, untuk dapat membantu dengan meyakinkan sanak famili di Padang Pariaman untuk melaksanakan vaksinasi.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad dalam sambutannya menyatakan, kekompakan warga Batam asal Piaman yang tergabung pada PKDP, sangat dibutuhkan dalam menunjang kontribusinya terhadap kota ini dan Kepulauan Riau pada umumnya.

“Keberadaan warga Batam asal Piaman disini, sangat potensial. Lantaran sebagaian besar menguasai pada sektor ekonomi, khususnya perdagangan dan usaha kecil dan menengah,” sebut dia.

Ia menegaskan, jika warga PKDP menjadi lebih kompak, maka peranan mereka akan menjadi jauh lebih lagi ke depannya.

“PKDP memang harus lebih kompak, supaya organisasinya bisa menjadi lebih besar. Ini sebagai ladang amal ibadah bagi pengurus dikemudian dikarenakan mengurus banyak orang” ujar Wawako Amsakar.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman diwakili Kepala BPKPD Kota Pariaman Haji Buyung Lapau, S.Sos, M.Si mengingatkan Pengurus PKDP, tentang potensi besar yang dimilikinya. Baik dari sisi keorganisasian, maupun dari warganya yang tersebar di seluruh rantau.

“PKDP merupakan organisasi sangat besar dan dikenal memiliki pengaruh secara ekonomi, sosial dan politik. Jika potensi ini dikelola secara tepat, maka akan menghasilkan yang sangat luar biasa untuk negeri” tegas Ajo Boy panggilan akrab putra Barangan, Nagari Lurah Ampalu, VII Koto itu.

Ia mengingatkan kiranya Pengurus PKDP sejak dari DPP, DPW dan DPD harus melakukan evaluasi dan perencanaan ulang terhadap potensi yang dimiliki ini, supaya potensi besar terkelola secara maksimal. Setidaknya, dalam menyikapi peta politik dan ekonomi di Batam dan Karimun khususnya maupun Kepulauan Riau pada umumnya.

“Hal demikian,sangat penting dan lebih intens lagi kedepannyamelakukan komunikasi dan silaturahmi warga Batam asal Piaman terhadap potensi politik sebagai bonus berorganisasi, terutama bagi yang aktif dalam berpartai” Ajo Boy menyarankan.

Ketua Umum DPP. PKDP Haji Refrizal menjelaskan, PKDP akan melakukan pembenahan terhadap jajarannya dari tingkat atas dan bawah. Sebagai upaya peningkatan kapasitasnya sebagai organisasi kekeluargaan.

Kata dia, DPP. PKDP akan melakukan revisi terhadap AD/ART untuk memasukan organisasi sayap yang akan lebih memperkuat posisi PKDP nantinya. Yakni organisasi sayap PKDP itu, Gemppar dan Bundo Kanduang (Gondariah).

“Program penggabungan stake holder dan organisasi setara ini, merupakan bagian dari langkah rekonsiliasi yang akan ditempuh oleh PKDP. Jika program ini berhasil, maka akan muncul PKDP sebagai satu kekuatan dalam bidang sosial dan ekonomi nantinya” tegas Refrizal mengakhiri.

Pengurus DPW. PKDP Kepri yang dilantik itu Ketua Umum H Nurman Muhammad Bur didampingi beberapa Wakil Ketua, sedangkan Sekretaris Umum Drs. H.Mulawarman, MM. dengan 3 Wakil Sekretaris, sebagai Bendahara Haji Solmi dan beberapa bidang. Haji Nurman menggantikan Haji Sukhri Fahrial yang telah memimpin DPW. PKDP Kepri sejak dibentuk tujuh tahun lalu.

Sementara itu, Pengurus DPD. PKDP Batam diketuai Haji Sahrul didampingi 3 Wakil Ketua, Sekretaris R. Effendi Bayu dengan Wakilnya Awaluddin Koto dan Supriadi serta Bendahara Surahman dan Imam Suarman dilengkapi beberapa bidang.

Sedangkan kepengurusan DPD. PKDP Karimun, diketuai Zulmardi dengan Hizbul Watansyam, Sekretaris Abdul Afwi dan Bendahara Akmal, juga dilengkapi beberapa bidang, serta didukung Koordinator Sektor.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD. PKDP Batam Haji Syahrul juga melantik Pengurus DPD. Gondariah Kota Batam. ** Rafendi/Prokopim/Saco

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*