Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Payakumbuh

Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 berlangsung tertib dan khidmat di Payakumbuh.
Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 berlangsung tertib dan khidmat di Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Payakumbuh berlangsung tertib dan khidmat di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Senin (13/11/2023).

Bertindak sebagai pembina upacara, Pj. Wako Payakumbuh Jasman menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) bahwa Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. 

“Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan Indonesia Emas 2045. Karenanya tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 adalah transformasi kesehatan untuk indonesia maju, mutlak untuk dilaksanakan,” tulis Menkes.

Dikatakannya, setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak, sebagaimana amanat UUD 1945.

“Pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, Pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia,” jelas Menkes dalam sambutannya yang dibacakan Jasman.

Selain itu, Menkes juga menegaskan, ada enam pilar transformasi kesehatan yang harus ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik, yaitu transformasi layanan primer. Transformasi layanan rujukan. Transformasi sistem ketahanan kesehatan. Transformasi pembiayaan kesehatan. Transformasi SDM kesehatan,dan transformasi teknologi kesehatan.

“Adapun beberapa hal yang dapat kita upayakan bersama, antara lain peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di unit pelayanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan obat di daerah dan memakai produk dalam negeri, menggencarkan pencegahan dan deteksi dini masalah kesehatan, serta mempercepat digitalisasi data kesehatan,” ungkap Jasman dalam sambutan tertulis Menkes itu.

Terakhir, ucap Jasman mengutip sambutan Menkes, transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Nilai-nilai dasar ASN berAKHLAK wajib dihidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, dan profesional.

“Tak lupa, saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045. Selamat hari kesehatan nasional, sehat negeriku, maju Indonesiaku!” tutupnya

Setelah upacara berakhir, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon dan pemotongan kue peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 oleh Pj. Wako Payakumbuh Jasman, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto, kepala OPD se-Kota Payakumbuh, serta disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

Diketahui pada acara tersebut diserahkan sejumlah penghargaan kepada pemenang perlombaan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh.

Kemudian, juga diserahkan penghargaan kepada purna pemangku jabatan Kadinkes Kota Payakumbuh, purna pemangku jabatan Direktur RSUD Adnan WD, purna bakti PNS Kesehatan di lingkungan Dinkes Kota Payakumbuh, tenaga kesehatan teladan, hingga kader kesehatan dengan dedikasi lebih dari 30 tahun. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*