Untuk Pilkada 2020, KPUD Pesisir Selatan Anggarkan Dana Rp 36 Miliyar

Epaldi Bahar.
Epaldi Bahar.

Painan, Editor.- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar mengajukan alokasi anggaran Pilkada 2020 sebesar Rp36 miliar.

Ketua KPUD, Epaldi Bahar mengungkapkan alokasi itu tercatat lebih tinggi Rp13 miliar dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya yang hanya Rp24 miliar.

“Kami nanti akan ajukan bersama pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020,” ungkapnya pada wartawan di Painan, Senin (15/7).

Pessel bersama 12 kabupaten/kota di Sumbar pada 2020 bakal melaksanakan pemilihan serentak bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota serta gubernur dan wakil gubernur.

Kenaikkan honor tersebut, lanjut Epaldi sejalan dengan naiknya honor panitia ad-hoc seperti Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Honor masing-masing anggota PPK dan PPS naik dari Rp1 juta pada 2015, menjadi Rp1.8 juta di 2020. Kenaikkan diatur Surat Menteri Keuangan No S-118/MK. 02/2016 tanggal 19 Februari 2016.

“Paling tidak pada Oktober 2019 ini sudah ada penandatanganan atau MoU naskah hibahnya dari pemerintah daerah pada KPUD,” terang Epaldi.

Sedangkan untuk tahapan, dirinya mengaku belum memiliki jadwal. Yang pasti, pesta demokrasi akbar limat tahunan tingkat daerah itu bakal dilaksanakan September 2020.

Untuk rekrtument PPS dan PPK dilaksanakan dua bulan sebelum hari pemilihan. “Paling tidak tahapan bisa dilaksanakan setelah naskah hibah ditandatangani,” tutupnya. ** Findo/Roni Citra

594 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*