Untuk Ke-6 Kalinya Kabupaten Pessel Raih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil

Penghargaan diserahkan Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Auditorium Dr. Soedjarwo
Penghargaan diserahkan Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Auditorium Dr. Soedjarwo

Painan, Editor.- Akhir Februari ini Kabupaten Pesisir Selatan kembali mendapat kado manis. Piala Adipura kini dalam genggaman. Bukan yang pertama kali, namun menjadi yang ke-6 kalinya.

Penghargaan Adipura yang diraih Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan adalah Adipura untuk kategori kota Kecil.

Hal ini disampaikan Bupati Rusma Yul Anwar dalam acara Apel Pagi pada Senin (6/3/2023), dihadapan kepala OPD dan seluruh Pegawai serta tenaga Kebersihan dilingkup Pemkab Pesisir Selatan.

” Alhamdulillah, penghargaan Adipura ini berkat usaha dan doa masyarakat Pesisir Selatan ” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar

Lebih lanjut Bupati Rusma Yul Anwar menyerahkan secara simbolik Piala Adipura kepada dinas terkait yang diwakili Kepala Dinas Perkimtan, Mukridal

Penyerahan piala Adipura secara simbolik oleh Bupati Pesisir Selatan kepada kepala dinas Perkimtan, Mukhridal, Senin (6/3/2023)
Penyerahan piala Adipura secara simbolik oleh Bupati Pesisir Selatan kepada kepala dinas Perkimtan, Mukhridal, Senin (6/3/2023)

Sebagaimana diketahui sebelumnya penghargaan Adipura tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, M.Si kepada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd. bertempat di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Selasa (28/02/2023).

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan keberhasilan Pesisir Selatan meraih Adipura berkat kerjasama seluruh pihak bersama masyarakat.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh tenaga kebersihan dan seluruh masyarakat yang tidak kenal lelah membersihkan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik. Terimakasih atas kerjasama seluruh pihak, bersama masyarakat,” ungkap Rusma Yul Anwar kepada Wartawan.

Bupati Rusma Yul Anwar berharap masyarakat terus menjaga lingkungan dan mewujudkan hidup bersih, sehat sehingga Pessel yang dikenal dengan Negeri Sejuta Pesona ini juga menjadi bersih dan sehat dengan Slogan Pasisie Rancak.

Penyerahan piala Adipura secara simbolik oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar Kepada Petugas Kebersihan, Senin (6/3/2023)
Penyerahan piala Adipura secara simbolik oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar Kepada Petugas Kebersihan, Senin (6/3/2023)

Selain itu juga dengan pengelolaan sampah yang baik menjadi upaya untuk tetap terus disiplin dan tetap berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Semoga kita semua tetap bertanggung jawab dan mendukung semua program pemerintah,” ujarnya.

Dilanjutkannya, penantian Piala Adipura ini cukup panjang, karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

“Selama wabah pandemi Covid-19, pengelolaan sampah Kabupaten Pesisir Selatan tetap berjalan, tiada kata henti karena produksi sampah tetap banyak untuk dikelola,” ujar Rusma Yul Anwar.

Diakuinya, Piala Adipura ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang telah dilakukan selama ini sudah berjalan sesuai koridornya, dan hal ini perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan.

Paradigma baru Piala Adipura 2022 mengenai kelola sampah mulai dari sumbernya merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan sampah, termasuk di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Ini berkat usaha dan doa dari semua masyarakat Pesisir Selatan. Alhamdulillah,” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar.

Sementara itu menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dalam arahannya mengatakan, pemberian penghargaan Adipura terakhir dilaksanakan pada 2019 dan terhenti karena pandemi Covid-19. Sehingga baru sekarang bisa terselenggara kembali.

“Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan,” katanya.

Dengan adanya penghargaan ini, kementerian LHK Berharap dapat mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha untuk mewujudkan kota berkelanjutan.

” Sekaligus menyelaraskan pertumbuhan ekonomi ,sosial dan ekologis dalam proses pembangunan serta menerapkan prinsip governance menuju zero waste dan zero emission,” sebutnya.

Turut Mendampingi Bupati Rusma Yul Anwar pada penerimaan penghargaan tersebut Kadis Perkimtam Mukhridal dan Kadis Pertanian Madrianto, S.Hut, MH. **Findo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*