Unggulkan Program ketahanan Pangan, Wali Nagari : Semoga Jadi Salah Satu PAN terbesar Aia Gadang

Nagari Aia Gadang terus tingkatkan pembangunan sarana - prasarana.
Nagari Aia Gadang terus tingkatkan pembangunan sarana - prasarana.

Pasaman Barat, Editor.- Pemerintah Nagari Aia Gadang terus membangun baik itu di bidang sarana dan prasarana umum maupun pemberdayaan masyarakat Nagari.

Di ketahui, Pemerintah Nagari Aia Gadang Unggulkan Program ketahanan pangan yang di atur oleh Permendes no 8 tahun 2022 tentang perioritas penggunaan dana desa yang mana 20 % adalah untuk ketahanan pangan.

“Untuk ketahanan Pangannya kita kembali membangun Kandang ayam petelur sebanyak 500 ekor di tahun ini,” sebut PJ Wali Nagari Aia Gadang Saipul, S.Pd kepada Awak Media, Rabu (22/11).

Ia berharap, kedepan Ayam Boiler (Petelur) yang di programkan untuk memperkuat ketahanan pangan ini dapat menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi Pendapatan Asli Nagari (PAN) Nagari selain dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Nagari Aia Gadang.

Disebutkan, untuk tahun 2023 belanja Nagari baik fisik maupun pemberdayaan di Nagari Aia Gadang masih mencakup secara keseluruhan yang termasuk di wilayah Nagari pemekaran Aia Gadang.

Nagari Aia Gadang terdapat 2 Nagari yang mekar yaitu Nagari Aia Gadang Barat dan Nagari Aia Gadang Timur. Dikatakan, tahun Anggaran 2023 Nagari yang mekar belum mempunyai anggaran untuk pembangunan Fasilitas umum maupun pelaksanaan pemberdayaan.

“Untuk Nagari mekar tahun ini anggaran nya masih melekat ke Nagari induk dan untuk Nagari mekar hanya anggaran honorarium pegawai dan Alat tulis Kantor, belum ada lagi anggaran untuk pembangunan fasilitas umum atau pun pembinaan masyarakat,” ucap Wali Nagari.

Dikatakan, untuk tahun 2023 ini Nagari Aia Gadang juga menganggarkan pelatihan Satpam bagi Anak Nagari Aia Gadang yang telah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas, Pelatihan pemanfaatan pekarangan, pelatihan kader Nagari.

Sementara untuk tahun anggaran 2024 Saiful Mengatakan telah menampung Aspirasi dari Masyarakat Nagari Aia Gadang di waktu penggalian Gagasan dan telah di rampungkan sewaktu Musrenbang Nagari.

“Untuk 2024 sepertinya aspirasi masyarakat yang telah di tampung lebih banyak di realisasikan Tim RKP Nagari untuk pemberdayaan dan pendidikan sesuai juga dengan arahan Pemerintah daerah melalui Bappeda sewaktu Musrenbang,” ucap Wali Nagari.

Namun, katanya, bukan berarti fasilitas umum yang telah di usulkan masyarakat di tiadakan, tetapi disesuai kan dengan jumlah anggaran yang di terima Nagari.

“Tentunya sesuai dengan persentasi Dana Desa dan dana Nagari tahun 2024 karena di pastikan berkurang dari jumlah sebelum disebabkan wilayah Nagari Aia Gadang tinggal lagi 2 kejorongan dan Nagari Mekar untuk tahun depan telah mendapatkan anggaran tersendiri dari pemerintah Pusat maupun Daerah,” Kata Wali Nagari Aia Gadang.

Dari Hasil Musrenbang untuk pelatihan Satpam kembali di anggarkan pemerintah Nagari Aia Gadang karena melihat potensi yang ada dan tentunya dapat menekan angka pengangguran di Nagari Aia Gadang.

“Kita melihat peluang itu, setidaknya bagi anak nagari yang sudah tamat sekolah telah mempunyai keahlian atau sertifikat dibidang keamanan, dan tentunya mendapatkan kemudahan dalam mencari peluang kerja,” tutup wali Nagari.**B/A-Adv

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*