UN SMA dan MA 2018 Berjalan Lancar, UNBK di Pessel Hanya 40 Persen

Wagub Nasrul Abit saat meninjau pelaksanaan UN di Pesisir Selatan.
Wagub Nasrul Abit saat meninjau pelaksanaan UN di Pesisir Selatan.

Painan, Editor.- Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA)  dan Madrasah Aliyah (MA)  berjalan lancar dan tertib.  Semua siswa dapat mengikuti dengan baik dan tertib,  hampir tidak ada kendala yang berarti di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit di sela-sela melakukan kunjungan pemantauan UN di Pesisir Selatan bersama Kadis Pendidikan Sumbar Drs. Busharman Bur, MM, Kamis (12/4/2018).

Lebih lanjut Nasrul Abit menyampaikan. UN di Sumbar memang masih ada 13 persen yang belum Berbasis Komputer, karena belum memiliki kelengkapan komputer,  juga karena belum ada jaringan listrik dan internet. Persentase Kabupaten Pesisir Selatan termasuk daerah yang rendah dalam pelaksanaan UNBK, 60 persen masih UN Kertas Pencil,  karena memang peralatan komputer yang masih kurang.

Dari data 23 SMA di Pessel baru 5 sekolah dengan jumlah siswa peserta 1.380 yang UNBK dan 16 sekolah  dengan siswa peserta 3.886 UNKP. Sementara  dari 16 MA, 7 sekolah dengan siswa peserta 547 UNBK dan 9 sekolah dari siswa peserta 784 masih UNKP.

Kita berharap pada tahun 2019 semua SMA dan MA sudah UNBK, nanti akan bicarakan dengan pak Gubernur,  DPRD Sumbar bersama Dinas Pendidikan bagaimana mencari solusi dan pengadaan yang bagaimana,  karena jika ditotal akan memakan biaya besar.

Minimal bagi daerah yang telah memiliki jaringan listrik dan internet kita bantu dengan pengadaan komputer, berharap juga ada pihak BUMN dana CSR dan pihak-pihak lain-lain dapat membantu ini, harap Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, kita juga melakukan penambahan penerimaan jumlah siswa berprestasi di sekolah favorit, sebagai upaya percepatan meningkatkan daya saing anak-anak kita dengan kualitas yang terbaik.

Penambahan pembinaan sekolah favorit diberbagai daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat, sehingga semua anak-anak berprestasi terbaik dimasing-masing daerah dapat tersalurkan semuanya dalam meningkatkan kemampuan daya saingnya.

Ini menjadi sangat penting dalam rangka menyiapkan SDM Sumbar yang cerdas, inovatif, kreatif,  berkarakter dan berdudaya menghadapi tantangan global dan pasar bebas, hari ini dan esok. Jika kita tidak menyikapi ini dengan baik,  kekawatiran generasi mudah kita tidak siap dan terbawa arus globalisasi menjadi tamu di negeri sendiri, keluh Nasrul Abit.

Kadis Pendidikan Burhasman Bur dalam kesempatan itu juga menyampaikan,  terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan penyelenggaraan UN di Sumbar dengan baik dan lancar.

Kepada pihak PLN dan Telkom yang juga memberikan kontribusi aktif atas nama pemerintah provinsi Sumatera Barat menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih,  semoga ini menjadi amalan dan kepercayaan publik kepada kita.

Hampir tidak ada kendala,  semua sesi pergantian berjalan tepat waktu pada UNBK. Dan bagi sekolah yang saat ini masih UNKP terutama didaerah yang telah memiliki jaringan akan menjadi perhatian untuk UNBK tahun 2019, ujarnya.

Wagub Nasrul Abit dan rombongan melakukan kunjungan peninjauan pelaksanaan akhir UN SMA dan MA 2018, pada sekolah SMAN 2 dan SMAN 1 Koto XI Tarusan, sekolah SMA Negeri 2 Painan,  SMAN 3 Unggul Pessel dan SMAN 2 Bayang. ** Zardi/Hms

848 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*