Tim Satgas TMMD Mentawai Bersinergi Dengan Dispangtan Menanam Pohon Buah

Penanaman pohon buah di lahan Kosong di Mentawai.
Penanaman pohon buah di lahan Kosong di Mentawai.

Mentawai, Editor.- Pada kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai dengan sasaran non fisik, satgas TMMD bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai dalam penanaman bibit buah-buahan di dua lokasi, Senin (8/3/2021).

Sinergi kegiatan pelaksanaan Penanaman bibit buah-buahan di lahan kosong sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Di samping untuk kesehatan juga menjadi ladang usaha perekonomian masyarakat.

Penanaman bibit buah-buahan bertempat di asrama kaum setia Desa Sido Makmur dan Perkebunan Sipora Jaya Km.8 Dusun Karya Bakti. Jenis bibit buah-buahan yang di tanam berupa matoa, mangga, rambutan dan durian.

Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda.Inf.James Sibarani menyampaikan, program penanaman bibit buah-buahan ini dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani, pekebun dan masyarakat pada umumnya.

Selain juga menunjang kesejahteraan masyarakat, penanaman bibit buah-buahan tanam tua ini juga sebagai upaya mencegah penanggulangan terjadinya bencana seperti tanah longsor dan mengakibatkan alam menjadi rusak. .

“Penanaman buah-buahan bersinergi dengan Dispangtan Mentawai ini upaya mengembangkan dan melestarikan buah-buahan lokal, serta mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai, Hati Sama Hura menyampaikan, kegiatan penanaman bibit buah-buahan ini merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tak hanya itu, program ini juga mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah-buahan, salah satunya memanfaatkan lahan kosong untuk ditanam bibit buah-buahan, terangnya.

“Bibit buah-buahan yang ditanam ini, kita berharap tumbuh subur dengan baik dan dapat di nikmati masyarakat nantinya” sebut Hati Sama Hura.

Menurut dia, menanam pohon buah di lahan-lahan produktif baik itu sebagai usaha ataupun hobi, yang ditanam setidaknya dapat meningkatkan perekonomian. Jadi jika cinta dan gemar makan buah,  berkewajiban menanam pohon buah-buahan.

Untuk penanaman bibit buah-buahan, pihaknya menyiapkan sebanyak 250 bibit yang sudah di rencanakan. Nantinya bibit buah-buahan ini ditanam di lokasi lahan kosong milik masyarakat.

Program ini dilakukan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu kalau masyarakat serius menanam buah, maka pasokan buah-buahan tidak lagi di datangkan, bahkan bisa mencukupi kebutuhan di wilayah  kepulauan Mentawai.

Meski demikian, program penanaman bibit buah-buahan ini bagaimana mengajak masyarakat lebih giat menanam serta memotivasi untuk peduli lingkungan dan tanaman tua ini jangka panjang, bahkan bisa di nikmati anak cucu nantinya.

Kegiatan penanaman bibit buah-buahan langsung dihadiri Kepala Dispangtan Mentawai, Pasiter Kodim 0319/Mentawai Letda. Inf. James Sibarani, Pengurus kaum, BPD Desa Sidomakmur, Anggota Kodim 0319/Mentawai, Anggota Penyuluhan Pertanian Mentawai dan Masyarakat.** Jumelsen

102 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*