Tim Pembina UKS Sumbar Kunjungi Dua Sekolah Solok Selatan, Kepala MAN 1 Solsel Keluhkan Kurangnya Perhatian Pemda

Kunjungan Tim Pembina UKS Sumbar saat berkunjung ke Solok Selatan.
Kunjungan Tim Pembina UKS Sumbar saat berkunjung ke Solok Selatan.

Solok Selatan, Editor.- Kedatangan kami sesuai dengan usulan dari Dinas Pendidikan Solok Selatan, tahun 2019 ada dua sekolah yang diusulkan dalam perlombaan UKS. Yaitu SMP N 1 Solok Selatan dan MAN N 1 Solok Selatan.

Hal ini diungkapkan M. APP Raisal pembina UKS Provinsi Sumbar yang mengunjungi Solok Selatan dalam rangka monitoring tim pembinaan UKS Propinsi, dari Biro Kesra dan Dinas Pendidikan Provinsi yang didampingi juga dari bagian Kesra Solok Selatan.

Menurut M. APP Raisal, tujuan kedatangan tersebut adalah untuk monitoring pelaksanaan pembelajaran tatap muka, khususnya terhadap prokes yang sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, apakah sarana dan prasarana telah berjalan sesuai yang diusulkan oleh sekolah dan Dinas Pendidikan.

“Setelah kami lihat memang sarana dan prasarana sudah tersedia, mungkin setelah ini kalau memang ada yang kurang, kami akan sampaikan kepada pihak sekolah bahwa apa yang harus dilengkapi.  Sebelum ada penilaian tentu ada pembinaan, kami datang ke Solok Selatan bersama tim dengan jumlah 5 orang,” kata M. APP Raisal.

Harapan M. APP Raisal dan Roni Wahyudi, agar dalam proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini tetap berjalan, pihak sekolah betul betul menerapkan prokes terhadap siswa maupun warga sekolah secara umum.

“ Dari yang disampaikan dan diusulkan, tentu kami sangat berharap sekolah ini bisa ikut dan mudah-mudahan berprestasi baik di tingkat provinsi maupun tingkat Nasional,” lanjut M. APP Raisal.

Sementara itu Kepala MAN N 1 Solok Selatan Zulkifli. S.Ag mengatakan, untuk mengahadapi lomba sekolah sehat, UKS /UKM, saya sudah mengikuti beberapa kali untuk tingkat provinsi yaitu, waktu di MTS melaksanakan sudah 2 kali untuk tingkat provinsi.

“Saya sedih atas kurangnya perhatian pemerintah Solok Selatan untuk lomba UKS ini. Selama ini hanya dibiarkan berbuat apa yang mau dibikin, sedangkan dana untuk itu tidak ada di sekolah. Kalaupun ada itu hanya cuma sedikit sekali. Bila di bandingkan kabupaten lain, saya secara pribadi cemburu,” kata Zulkifli.

Menurut dia, kabupaten lain datang bupati kepala dinasnya serta SKPD terkait untuk menanyakan apa yang dibutuhkan sekolah, kalau mau mengorbitkan madrasah atau sekolah tersebut untuk menjadi juara tingkat provinsi dan tingkat nasional. Sementara itu untuk Solok Selatan reward saja tidak ada selama ini walau bupatinya sudah yang ke empat sekarang .

Mudah-mudahan dengan Bapak Khairunas bisa berubah dan saya sangat setuju dengan program beliau. Kemaren ini sudah di adakan lomba kantor bersih. Tapi kenapa tim penilainya yang dari kepala sekolah, ada sekola yang tidak dinilai.

“Saya berbuat di sekolah ini bukan hanya untuk lomba, Saya ingin menanamkan karakter kepada anak bagaimana kebersihan ini tertanam pada diri anak. Apalagi dalam pandemic Covid-19 ini sangat susah mengatur anak. Setiap pagi saya selalu sampaikan, bahkan masuk ke ruang ruang belajar untuk menyampaikan harus pakai masker. MAN N 1 Solok Selatan ini kesulitan tentang pembuangan sampah karena tidak ada TPA. Seharusnya dari lingkungan hidup ada perhatian tentang pembuangan sampah dan sekolah ini perlu box sampah, setelah itu sampah diambil dan dibuang, kalau memang sekolah ini akan jadi pilot proyek untuk segala kemajuan prestasi sekolah,” papar Zulkifli.

MAN 1 Solok Selatan sekarang akan mengikuti dua lomba tingkat nasional dua buah. Pertama Lomba Amimasi (film pendek) untuk Sumbar tingkat satu lanjut tingkat nasional. Kedua lomba wajah madrasah peringkat dua yang diadakan oleh Balai Bahasa.

Kepala MAN 1 Solok Selatan itu berharap pada pemerintah daerah, bagaimana menjadikan UKS ikon Solok Selatan.

“Semua itu tergantung pemerintah daerah. Tapi kalau seperti dulu dulu juga, hasilnya hanya sekedar ikut ikut saja kita. Dari DPRD Solsel belum menyentuh sama sekali. Kalau tentang kebersihan saya sebagai kepala sekolah menjaminnya,” ungkap Zulkifli.** Sus

74 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*