Tigo Musisi Sumbar Peroleh Anugerah Musik Daerah 2020

Kadis Kebudayaan Sumbar Syaifullah didampingi Firdaus Abie, menyerahkan Anugerah Musik Daerah untuk kategori Penyanyi kepada Vanny Vabiola.

Padang, Editor.-Tigo orang musisi Sumatera Barat dari tiga kategori berbeda, memperoleh Anugerah Musik Daerah Provinsi Sumatera Barat, tahun 2022. Anugerah tersebut diserahkan Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Syaifullah dan Waketum DPP PAPPRI Joni Maungkar.

Penyerahan anugerah musik tersebut kata Firdaus Abie, Ketua Tim Pengamat Penerima Anugerah Musik Daerah Provinsi Sumbar 2022 saat malam puncak Pagelaran 10 Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang tingkat Nasional, di Pangerans Beach Hotel – Padang, Sabtu (12/11) malam, didasarkan pengamatan aktivitas berkarya para musisi di Sumbar, selama sepuluh tahun terakhir.

“Mereka telah berjasa dalam melestarikan dan mengembangkan musik daerah serta mengangkat nama daerah, sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan” kata Firdaus Abie, didampingi dua orang Tim Pengamat Penerima Anugerah Musik Daerah Provinsi Sumbar, yakni Dwi Hernita (Produser Musik) dan Husin Daruhan (Ketua DPD PAPPRI Sumatera Barat).

Kegiatan tersebut dibuka Gubernur Sumbar diwaliki Kadis Kebudayaan Syaifullah, dihadiri Ketua DPRD Sumbar Supardi, Waketum DPP PAPPRI Joni Maungkar, Ketua DPD PAPPRI Sumbar Husin Daruhan, sejumlah bupati/walikota se-Sumbar dan insan musik Sumatera Barat.

Ketika musisi tersebut Kategori Komposer, diterima Edi Elmitos, Pimpinan Saandiko Group. Karya-karya Edi Elmitos mengangkat musik-musik tradisi Minang ke dalam musik konvensional. Musik-musi yang digarapnya membuka mata jalur musik nasional, dan berjaya memperoleh enam kali gelar juara nasional.

Kategori Penyanyi, dianugerahkan kepada Vanny Vabiola. Artis ini merupakan salah satu artis penyanyi di Sumbar yang mampu mengikuti tren kekinian di media fisik dan digital. Kiprahnya tak hanya menjadi perbincangan di SUmbar dan nasional, tetapi juga sukses mencuri perhatian pecinta musik dunia.

Penerima anugerah untuk kategori pencipta lagu, Sexri Budiman. Setiap karyanya berpijak dan berpedoman kepada nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal Sumatera Barat. Lirik-lirik dalam karyanya kuat dengan diksi kuek, sindiran dan alam, seirama dengan taratik dan cara bertutur orang Minang yang arif dan bijaksana. Melodi dalam karyanyanya kuat akan ekspresi tradisi Minang, baik tradisi darek mau pun pesisir.

Pada kesempatan sebelumnya, Gubernur Sumbar diwakili Kadis Kebudayaan Syaifullah berharap, hendaknya kegiatan ini menjadi momentum agar lagu-lagu Minang tetap dapat diterima masyarakat karena adanya nilai-nilai pesan dan moral yang dibawakan dalam lagu tersebut. Lomba Cipta Lagu Minang ini diharapkan juga dapat melestarikan budaya Minang.

10 Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang (LCLM) Tingkat Nasional 2022, ditampil. Semua lagu tersebut hasil dari lomba yang diadakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar dan DPP PAPPRI Sumbar. Lagu tersebut hasil saringan dari 89 karya cipta yang diterima panitia.

Tim juri yang menilai karya tersebut berasal dari produser, pencipta lagu, penata musik rekaman dan akademisi. Tujuh orang juri yang menilai adalah Agus Taher, Nover T, Sexri Budiman, Husin Daruhan, SH, MM, Syafri Novera, Dr. Yulizal Yunus (UIN) dan Dr. Wilma Sriwulan (ISI Padang Panjang).

Selain itu, DPD PAPPRI menganugerahkan penghargaan kepada tokoh, pelaku dan pemerhati musik di Sumatera Barat. Mereka yang menerima anugerah tersebut, Walikota Padang Panjang Fadly Amran, Supardi (Ketua DPRD Sumbar), H Syaifullah (Kadis Kebudayaan Sumbar), Drs Luhur Budianda (Kadis Pariwisata Sumbar), Sexri Budiman (Pencipta Lagu), Hendri Septa (Wako Padang), Erman Safar (Wako Bukittinggi), Dr H Andi Warman (Bupati Agam), H Zul Elfian (Wako Solok) dan Deni Asra (Ketua DPRD 50 Kota), Padang TV dan Harian Haluan.

10 Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang tk Nasional, tahun 2022:
1. Dek Kain Indak Saragi (Cipt: Nila Sahirman/Voc: Syifa Maulina)
2. Tagak Ragi dek Bacolok (Cipt: Rollys Koto/Voc: Pinky Prananda)
3. Biso Ujuang Kato (Cipt: Rhian D Kincai/Voc: Andra Respati)
4. Taganggam Bayang-bayang (Cipt: A.Cancera/Voc: Vanny Vabiola)
5. Pasan Mandeh (Cipt: Rika Amir/Voc: Sarah)
6. Dunsanak Raso Rang Lain (Cipt: Ades Sadewa/Voc: Aditia Rahman)
7. Sauah Putuih (Cipt: Era Darwis/Voc: David Iztambul)
8. Padiah Ditikam Duto (Cipt: Imran Boer/Voc: Kintani)
9. Cinto Bamiang (Cipt: Ronny Mansiang/Voc: Adella)
10. Bamandi Pitanah (Cipt: Alexri Chaniago/Vokal: Ipank) **Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*