Terkait Nota keuangan APBD-P Kota Solok TA 2022, Fraksi Golkar Warning Walikota Solok

Andi Marianto.
Andi Marianto.

Kota Solok, Editor.-  Penjelasan Nota keuangan APBD Perubahan kota Solok tahun anggaran (TA) 2022 yang telah disampaikan oleh walikota Solok H. Zul Elfian Umar, menuai beberapa kritikan dan saran dari Fraksi Golkar DPRD setempat. Kritikan dan saran itu disampaikan oleh  juru bicara fraksi, Andi Marianto, ST, dalam sidang paripurna, Rabu, 21 September 2022, di ruang sidang DPRD kota Solok.

Diantara kritikan dan saran yang harus menjadi catatan oleh orang nomor satu di pemerintahan Kota Solok tersebut adalah terkait dengan realisasi semester I (satu) per 31 Juni. Dalam hal itu Fraksi Golkar menegaskan agar walikota Solok memerintahkan kepala OPD untuk memaksimalkan capaian target PAD dan mempercepat realisasi belanja masing masing OPD.

Penegasan lain adalah terkait dengan pembangunan, agar pembangunan dapat terencana dan terukur hingga tidak meninggalkan kesan terjadinya praktek tambal sulam,  Fraksi Golkar meminta pemerintah daerah kota Solok untuk mempercepat penyelesaian dokumen RTRW.

Disela kesempatannya itu Andi Marianto juga menjelaskan, APBD mengandung peran penting dan strategis untuk mendukung aktivitas pemerintahan dalam menjalankan fungsinya  menunjang pelayanan publik. APBD  merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang harus diwujudkan oleh Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu,  dalam penyusunan dan pembahasan Rancangan APBD harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip, efektifitas, ekonomis, dan tepat sasaran dan yang lebih penting lagi bahwa Rancangan Perubahan APBD harus mencerminkan respon Pemerintah terhadap kebutuhan-kebutuhan urusan wajib Pemerintah dan masyarakat yang menjadi skala prioritas.

Sidang Paripurna dipimpin oleh ketua DPRD kota Solok, Hj.Nurnisma, didampingi oleh wakil ketua Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma, dan dihadiri oleh seluruh anggota legislatif setempat. Turut hadir pada kegiatan itu, walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, dan wakil walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra,  Sektretaris Daerah, Syaiful.A berserta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup pemerintah kota Solok.** Gia

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*