Taruna Diklat Pelayaran Pariaman Lakukan Longmarch

Padang, Editor.- Sebanyak 119 siswa taruna Diklat Pelayaran Pariaman melaksanakan longmarch dalam dalam rangka pembentukan pembentukan ahli Nautika (ANT) tingkat tiga dan Ahli Teknik tingkat tiga. Kegiatan longmarch dimulai pada dini hari dengan lokasi star di komplek Universitas Negeri Padang (UNP) menuju pantai Padang baru- baru ini.

Kegiatan tersebut adalah untuk masa dasar pembentukan taruna (Madatukar) bagi taruna calon pelaut- pelaut yang handal yang akan dapat bersaing dengan para pelaut- pelaut lainnya nanti.

Dijelaskan oleh Kasie Gordik  Capt Suhardi, MSi,M Mar, kegiatan lingmarch ini adalah masih satu rangkaian dengan kegiatan Madatukar yang pertama dan kedua Kegitan longmarch ini dijelaskan Suhardi adalah sebagai pertanda bahwa mereka itu sudah siap untuk menjadi seorang taruna, selama mereka menjalani masa sebagai calon taruna selama tiga bulan di kampus.

Para calon taruna tersebut didik untuk menjadi seorang pelaut dengan ijazah (Ahli Nautika Tingkat) tiga atau Ahli Teknik Tingkat (ATT) tingkat tiga dengan mengantongi ijazah pelaut yang sudah diakui tingkat dunia .

Taruna yang mengikuti longmacrh berasal dari berbagai daerah selain dari Sumatera Barat juga ada yang berasal dari luar Sumbar dari Sabang sampai Merauke. Taruna yang mengikutu longmarch saat ini adalag angkatan kedua.

Dikatakan Suhardi, lama pendidikan taruna tersebut selama dua setengah tahun dan selama masa pendidikan di kamous satu setengaj tahun dan masa magangnya di kapal selama satu tahun. Setelah mereka selesai menjalani masa pendidikan dan prakteknya selama 2,5 tahun itu, para taruna tersebut mendapatkan ujazah dan telah siap untuk berlayat mengarungi lautan dengan bekal ilmu yang telah didapatnya selama masa pendidikan.

Pada kesempatan ini Suhardi selaku Kasie Gordik berharap kepada para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan agar dapat menjadi pelaut yang tangguh dan handal untuk bisa bersaing ditingkat nasional maupun Internasional.

Pada kegiatan longmarch yang berakhir di pantai Padang dihadiri juga oleh Kepala Tata Usaha Miran SE.M.Mar E, Kanit Kapal Latih Syamsir, ST,M, Mar,E dan juga para ibu- ibu sari keluarga besar Diklat Pelayaran Padang Pariaman. ** Daniwarti

590 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*