Tambang Galian C di Kinali Pasbar Terindikasi Kebal Hukum

Penambangan Galian C di kawasan Aliran Sungai Batang Pinagar Jorong Ampek Koto, Nagari Kinali Kecamatan Kinali Pasbar.
Penambangan Galian C di kawasan Aliran Sungai Batang Pinagar Jorong Ampek Koto, Nagari Kinali Kecamatan Kinali Pasbar.

Pasbar, Editor.- Penambangan Galian C di kawasan Aliran Sungai Batang Pinagar Jorong Ampek Koto, Nagari Kinali Kecamatan Kinali Pasbar tidak tersentuh hukum.

Saat awak media ini menelusuri lokasi pebambangan Galian C di aliran sungai Batang Pinagar, Senin 21 Maret 2022 di lokasi Quary Galian C di aliran sungai Batang Pinagar ditemukan satu unit alat berat sedang  beroperasi melakukan penambangan material galian C mengambil material dan dimasukkan ke dalam mobil damtruk.

Salah seorang warga Kinali yang enggan di sebutkan identitasnya mengatakan, penambangan di lokasi Jorong Ampek Koto setidak nya terdapat  dua titik lokasi penambangan galian C, tepatnya di areal lokasi bendungan Lubuk Cempong menggunakan satu unit alat berat. Namun seminggu belakangan sudah tidak beroperasi diduga alat berat nya dalam kondisi rusak. Bekas penambangan di lokasi areal bendungan Lubuk Cempong saat ini masih bisa dilihat, bahkan tanaman sawit masyarakat di bagian pinggir sungai ada yang mengalami ambruk ke aliran sungai.

Titik galian C lainnya berada di bagian bawah bendungan Lubuk Cempong saat ini masih beroperasi dan beraktifitas menggambil dan menjual material galian C yang terindikasi tidak mengantongi izin resmi tambang galian C.

Kapolsek Kinali AKP Defrizal saat dikonfirmasi melalui pesan singkat aplikasi Whatshaap mengatakan, tidak mengetahui adanya aktifitas Galian C tersebut.

“Silahkan temui saja pengelola di lapangan,” ujarnya.

Bahkan Kapolsek enggan dikonfirmasi dengan mengatakan, jangan saya dijadikan narsumber dalam pemberitaan, jangan di beritakan dulu nanti akan memancing yang lainnya.

Sementara itu, Ketua DPD LSM TOPAN RI Pasaman Barat Arwin Lubis mengatakan, jika ada pembiaran terkait aktifitas tambang galian C ilegal yang belum memiliki legalitas perizinan lengkap,  jika aparat hukum tidak melakukan tindakan patut dicurigai adanya permainan kongkalingkong tambang galian C ilegal.

Jika memang para pengusaha atau pengelola memiliki areal lokasi tambang galian C yang sah sebelum beraktifitas silahkan lebih dahulu urus perizinan lengkap, jika izinnya lengkap negara untung pengusaha aman dalam beraktifitas daerah juga mendapat keuntungan dari aktifitas tambang tersebut dengan memperoleh pajak.** Buyung

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*