Tahun 2023 Kuota Pupuk Bersubsidi Untuk Tanah Datar Meningkat 46.25 %

Bupati Eka Putra saat sosialisasi
Bupati Eka Putra saat sosialisasi

Batusangkar, Editor.- Sosialisasi Distribusi Pupuk Bersubsidi di lakukan oleh Dinas Koperindag Tanah Datar  dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra yang diikuti sebanyak 60 orang terdiri dari Distribotor dan pemilik kios enceran Sabtu (27/5) bertempat di Emersia Hotel Batusangkar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam kesempatan tersebut menyatakan . Kuota pupuk bersubsidi tahun 2023 meningkat 46,25% dari tahun sebelumnya. Yang mana  tahun ini, Tanah Datar mendapatkan kuota pupuk bersubsidi sebanyak 17.846 ton dibanding tahun kemarin sebesar 12.202 ton atau meningkat sebesar 46,25%,untuk penyaluran pupuk bersubsidi Pemerintah Daerah Tanah Datar sudah menetapkan sebanyak 3 distributor dan 121 kios pengecer resmi di 14 kecamatan.

Kita telah menentukan distributor dan pengecer di 14 kecamatan yang menyediakan jenis pupuk Urea dan NPK untuk komoditas padi, Jagung, Kedelai, Cabai, Bawang Merah, Bawang Putih, Tebu, Kopi dan Kakau,distributor dan kios pengecer sangat berperan penting dalam mendistribusikan pupuk bersubsidi agar tepat sasaran.Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas kerja keras dan dedikasi para distributor  yang telah  membantu pemerintah dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran,ujar Eka Putra

Selanjutnya Eka Putra menyatakan .Sosialisasi ini diikuti 60 peserta dari distributor dan pemilik kios pupuk se Tanah Datar, pupuk bersubsidi pengadaan dan penyalurannya mendapatkan subsidi langsung dari Pemerintah untuk kebutuhan petani.

Program Pemerintah di sektor pertanian ini  karenakan  pupuk memiliki peran yang sangat  vital bagi produksi pertanian secara nasional. Sehingga ketersediaan pupuk dan pestisida menggunakan prinsip tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat tempat, tepat mutu dan tepat harga,

“Maka dari itu saya mengingatkan kepada  distributor dan pemilik kios eceran untuk selalu berhati-hati dengan pupuk ilegal, dimana bukan saja petani yang akan dirugikan  tetapi pengecer juga nantinya akan berurusan dengan pihak yang  berwajib “ ingat Bupati.

Kadis Koperindag Hendra Setyawan dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan sosialisasi bersama dengan distributor dan pemilik kios eceran ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pupuk dan pestisida ilegal atau palsu, serta mutu di luar batas toleransi, untuk melindungi distributor dan petani dari tindakan pidana.

Kegiatan ini dikuti oleh 60 orang peserta yang merupakan para distributor dan pemilik kios eceran, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperindag Tanah Datar dan juga dari  pihak Kepolisian,ujar Hendra Setyawan. **Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*