Sosialisasi Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama di Pariaman

Pariaman, Editor.- Dengan memupuk saling pengertian dengan lebih memanfaatkan dan mengefektifkan saluran komunikasi antarpemuka agama yang sudah ada, baik dalam bentuk forum (wadah) pada masyarakat, maupun dalam bentuk lainnya, baik pada tingkat regional maupun lokal, terutama tingkat kecamatan dan kalau perlu tingkat desa (kelurahan), salah satu cara memelihara kerukunan umat beragama yang ada di Kota Pariaman.

Hal tersebut disampaikan  walikota Pariaman yang diwakili oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sukardi, saar membuka acara Sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama Kota Pariaman tahun 2016 yang dilaksanakan di gedung pertemuan Pondok Indah, Kampung Pondok, Kamis 15/9.

Selanjutnya Sukardi juga menambahkan agar kita dapat menggali dan melestarikan berbagai unsur kearifan lokal, tradisi, dan pranata lokal, termasuk norma dan adat istiadat yang bermanfaat dan dapat berfungsi efektif, dalam mendukung kerukunan masyarakat lokal, sambil melakukan kajian dan pengayaan dengan kearifan-kearifan baru, ujarnya .

“Kerukunan umat beragama yang kita miliki sekarang ini di Kota Pariaman, berlangsung aman dan damai, hal ini merupakan modal yang sangat berharga bagi kelangsungan kehidupan seluruh warga Negara Indonesia dalam rangka memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Kegiatan yang kita selenggarakan ini adalah moment yang sangat tepat sebagai salah satu upaya menjaga kerukunan umat bergama di Kota Pariaman, tutupnya.

Dalam sambutan Ketua Panitia dari Kesbangpol Kota Pariaman Eryon mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 75 orang yang terdiri dari anggota dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Pariaman dan Tokoh Masyarakat. Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk meningkatkan pemberdayaan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kota Pariaman, ucapnya.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, akan menambah wawasan dari para peserta, sehingga keadaan nyaman dan damai  yang kita rasakan saat ini di Kota Pariaman dapat terus terjaga,” tukasnya.

Hadir dalam acara ini narasumber Wakil Ketua FKUB Provinsi Sumatera Barat Nurman Agus, Ketua MUI Procinsi Sumbar Gusrizal Gazar, Ketua FKUB Kota Pariaman Amir Azli dan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman Yusrizal. ** J/Hms/Sgr

 

1565 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*