Siswa SMP PL UNP Ikuti Sosialisasi Pemahaman Bencana

Padang, Editor,- Pentingnya memahami pengurangan resiko bencana, Manajemen Sekolah Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang(SMP PL UNP) menggelar sosialisasi pemahaman bencana tingkat SMP di Kampus Unp Air Tawar, Air Tawar Barat, Padang, Jumat (3/2/).

Program safer school yang mengambil tema Sekolah Cerdas Bencana tersebut diikuti oleh 200 murid.

“Kesadaran terhadap bencana harus ditanamkan sejak dini pada anak agar memahami bencana alam dan resikonya serta lebih siaga dalam menghadapinya,” kata Direktur Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP, Dr Nurhasan Syah pada pembukaan kegiatan itu.

Ia menerangkan, Sumatera Barat merupakan provinsi yang rawan bencana. Oleh sebabnya anak-anak harus diberikan pengertian untuk punya kesadaran terhadap bencana yang akan terjadi. Diakuinya, memberi pengertian tersebut memang merupakan salah satu upaya jangka panjang dalam usaha pengurangan resiko bencana. Namun hal itu tetap harus dilakukan agar anak-anak dan masyarakat sadar betapa pentingnya sadar bencana.

“Kita tidak bisa melawan alam. Namun kita bisa menyesuaikan diri dengan alam sambil mempersiapkan diri terhadap bencana yang akan terjadi,”jelasnya.

Selain itu, diingatkan oleh Kepala BPBD Kota Padang Dr. H. Edi Hasymi, agar masyarakat Padang yang berada di rawan bencana untuk lebih tanggap apabila bencana gempa atau banjir datang.

“Oleh sebab itu sudah saatnya masyarakat juga punya kesadaran terhadap bencana yang akan timbul serta rencana strategis untuk kesiapsiagaan masyarkat yang berada di zona rawan,” tegas Edi Hasmi usai memberikan sosialisasi sekolah menuju cerdas bencana di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. ** Agusmardi/Rel/Humas UNP

804 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*