Si Jago Merah Mengamuk di Los Maco dan Ikan Pasar Bawah Bukitinggi

Los maco dan ikan yang terbakar.
Los maco dan ikan yang terbakar.

Bukittinggi, Editor.- Kembali warga  pusat Kota Bukittinggi dikejutkan oleh amukan sijago merah los maco dan ikan,serta Ayam  di pasar bawah,Sabtu,(11/09) pukul 1.30 wib dini hari.

Musibah kebakaran hebat yang melanda Pasar Bawah Bukittinggi, Sabtu (11/09) dini hari itu, berhasil dipadamkan tim damkar dari Bukittinggi dibantu damkar daerah tetangga, sekitar pukul 05.00 WIB.

Informasi di lapangan, api cepat membesar dan merembet ke sejumlah los, dan lapak dalam kawasan pasar tradisional itu,karena terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

Dari informasi yang berkembang, lokasi yang hangus terbakar itu Los Maco (pasar ikan) Jl. Kehutanan, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Keterangan saksi mata Yohanes (58) dan Budhi Rahmad (36) mengatakan,  disaat melaksanakan patroli malam sekitar pukul 01.30 WIB, tim patroli ronda malam bersama dengan Ambon, Galih, Roni di Los Maco tiba-tiba melihat ada kepulan asap serta api dari dalam kedai penjual gula aren(saka) kemudian terdengar suara percikan dan ledakan dari dalam kedai tersebut dan tidak lama kemudian api menjalar di kabel listrik dan menyambar kios-kios yang ada di Los Maco;

Melihat ada api, tim yang meronda itu,  langsung berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya namun tidak mampu lagi dipadamkan karena api sangat cepat membesar dan menghanguskan kios-kios yang ada di Los Maco, sementara  Ambon langsung menghubungi Damkar kota Bukittinggi.

Selang Sekitar 25 menit kemudian mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi dan langsung melaksanakan pemadaman sampai Pada pukul 06.15 WIB api dapat dipadamkan oleh Damkar kota Bukittinggi, dibantu di  9 unit mobil Damkar dari luar kota bukittinggi, dinas dari PLN, tim dari dinas POL PP, tim dari PMI kota bukittinggi, tim dari Tagana kota bukittinggi, serta dibantu oleh tim patroli ronda malam dan pedagang Los Maco pasar bawah.

ada 7 unit kendaraan damkar kota bukittinggi,  2 unit Damkar  kota padang panjang, 2 unit kendaraan dari agam, 1 unit kendaraan dari kota 50 kota, 1 unit kendaraan dari kota padang pariaman, 1 unit kendaraan dari kota solok, 1 unit kendaraan dari Payakumbuh, dan 1 unit kendaraan dari batu sangkar

Akibat dari kejadian tersebut, menghanguskan lebih kurang 50 kios (jual ayam dan maco) serta 100 unit lapak (jual soto dan bumbu masak),  diperkirakan kerugian materiil lebih kurang 1 miliar rupiah namun korban jiwa nihil pada peristiwa kebakaran tersebut.

Untuk asal api belum di ketahuii dari mana berasal dan kios bekas kebakaran saat ini sudah di beri garis polisi untuk melakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian.

Kelihatan  sejumlah pejabat hadir di lokasi kebakaran seperti Pj Sekdako. Bukittinggi RISMAL HADI, SSTP, MSi, Plt asisten I ISRA YONZA, S.H, M.H yang juga Plt.Kadis Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Plt asisten II Drs.H SUPRADIA, M.Si, Kadis damkar MARTIUS, S.SOS, Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Syanji Faredi Filaferde, S.STP, M.Si, Penanggung jawab Pasar Bawah, Salman.** Widya

235 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*