Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh Disambangi Loka POM Bao-Bao

Rombongan Kadis Perindustrian Kabupaten Buton bersama Loka PON Bao Bao di Sentra Rendang Payakumbuh.
Rombongan Kadis Perindustrian Kabupaten Buton bersama Loka PON Bao Bao di Sentra Rendang Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh kembali terima kunjungan, kali ini dari kota Bao-Bao, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (9/8).

Rombongan yang di ketuai oleh Kepala dinas Perindustrian kabupaten Buton Ir. Sadisu, M Si membawa Loka POM Bao-Bao Irianti Amin, S.Si., M.Si (PFM Ahli Muda) dan Dra. Sitti Sarpiati Alwi (PFM Ahli Muda). Kedatangan rombongan dari Sulawesi Tenggara ini dalam rangka mengikuti tugas kaji banding dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian terkait dengan Sentra IKM rendang IKOSERO.

Kepala dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) yang diwakili kepala bidang tenaga kerja Gesmalindra ucapkan selamat datang di kota Payakumbuh, kota Randang dan kota kuliner dan permintaan maaf atas ketidakhadiran kepala Disnakerperin Yunida Fatwa ditengah rombongan.

“Maaf tamu dari Bao-Bao tidak disambut Kadis langsung, karna lagi ada agenda dinas luar. Dan selaku OPD yang menaungi UPTD Sentra IKM Rendang ini, Disnakerperin merasa terharu mendapat kunjungan tamu dari Kota Bao Bao Provinsi Sulawesi Tenggara yang mana wilayah Bao-Bao ini hampir berada di ujung Pulau Timur Indonesia dan tentunya bukan perjalanan yang mudah untuk bisa hadir dan sampai di Kota Payakumbuh,” ucap Gesmalindra.

Kepala bidang Tenaga Kerja tidak sendiri, ia turut didampingi Kepala UPTD P3R Novit Ardy  yang mengelola Sentra Industri rendang bersama Rendi Pratama yang merupakan mantan pejabat lama Kepala UPTD P3R dan juga sekarang sebagai Pejabat fungsional Industri.

“Mudah-mudahan dari hasil pertemuan dan diskusi ini mendapatkan informasi yang di inginkan juga sekaligus menjadi perbandingan bagi Dinas Perindustrian Kota Bao Bao sebagai rujukan nantinya,” tukas Gesmalindra.

Selanjutnya Kadis Perindustrian Kota Bao Bao Sadisu yang mewakili rombongan sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh terkhusus Disnakerperin Kota Payakumbuh dan Loka POM Payakumbuh yang telah memfasilitasi terlaksananya agenda kunjungan di Pusat Sentra IKM rendang Payakumbuh.

“Informasi mengenai Kota Payakumbuh tentang Sentra Industri rendang ini sangat santer dalam setiap perbandingan khususnya di bidang perindustrian. Dan karna hal itu atas se izin daei Kepala Daerah Bao-Bao, sehingga kami dapat mengunjungi langsung lokasi yang dibiayai oleh Kementerian perindustrian ini,” ungkap Sadisu.

Diungkapkannya, kami sangat salut dengan usaha dan upaya yang di lakukan oleh pemerintah Kota Payakumbuh terkait dengan pendirian sentra rendang ini dengan biaya pemerintah pusat apalagi semua kelengkapan administrasi dan sertifikasi nya juga sudah tersedia,” pujinya.

Sebelum diskusi berlangsung, Kadis Sadisu menceritakan singkat program yang sudah dan sedang berjalan di daerah Bao Bao, dan oleh karna itu Sadisu berharap atas kunjungannya ini dapat menjadi perbandingan yang bisa menjadi rujukan untuk dibawa pulang ke wilayahnya Bao Bao.

Setelah masuknya ke sesi diskusi, atas semua pertanyaan yang dilemparkan oleh Sadisu langsung dijawab Kepala UPTD P3R Novid Ardy bersama Rendi Pratama. Mereka silih berganti saling melengkapi penjelasan tentang sejarah dan perkembangan Sentra IKM Rendang dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut, Kepala UPTD P3R menyampaikan jika Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh saat ini sudah memiliki seluruh kelengkapan administrasi secara sertifikasi dari lembaga maupun badan yang terkait seperti  HACCP, ISO 22000, NKV, SNI dan lain sebagainya.

Setelah dilaksanakannya proses diskusi, Kadis Perindustrian kota Bao-Bao bersama rombongan diajak untuk melihat kedalam gedung sentra IKM Rendang yang kebetulan juga berada satu lokasi dengan kantor Disnakerperin.

Sementara itu, Kepala Disnakerperin Yunida Fatwa saat dihubungi media sampaikan permintaan maaf karna tidak bisa hadir langsung untuk menyambut tamu yang datang jauh dari salah satu wilayah ujung timur Indonesia tersebut.

“Namun atas ketidakhadiran saya ditempat tentu tidak mengurangi rasa hormat kepada tamu dari Bao-Bao selama melaksanakan kunjungan di sentra IKM rendang,” ungkap Yunida via Phone.

Yunida berharap atas kunjungan rombongan dari Bao-Bao ini dapat membawa ilmu yang bisa untuk ditukar dan tentunya diaplikasi untuk daerah masing-masing.** Yus

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*