Seminar BIC III di IAIN Batusangkar Tetap Akan Digelar, Materi Islam Nusantara Ditiadakan

Penyerahan naskah kesepahaman antara BPCD dan IAIN Batusangkar.
Penyerahan naskah kesepahaman antara BPCD dan IAIN Batusangkar.

Batusangkar, Editor.- Seminar International Batusangkar Internasional Conference (BIC) III yang akan di adakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar yang direncanakan pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2018 yang salah satu materinya tentang Islam Nusantara dengan pemateri Prof .Mahfud MD, mendapat penolakan dari Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmazi dan juga masyarakat Tanah Datar khususnya dan masyarakat Sumatera Barat umumnya, akhirnya di batalkan oleh IAIN Batusangkar.

Hal ini terungkap setelah berulang kali para wartawan menemui rektor IAIN Batusangkar DR.Kasmuri Selamat yang selalu beralasan untuk bisa memberikan keterangan tentang rencana tersebut.

Baru Sabtu (11/8) Kasmuri bersedia untuk menjelaskan tentang rencana Seminar Internasional yang bakal dilaksanakan IAIN Batusangkar,setelah difasilitasi oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi yang pada saat itu menghadiri acara seminar Nasional Kebudayaan yang diadakan di aula IAIN Batusangkar. Awalnya Kasmuri masih juga berkilah kepada para awak media dan akhirnya Rektor IAN Batusangkar H Kasmuri menyerah dan mengajak para awak media untuk jumpa Pers di kantornya.

Rektor IAIN Batusangkar Dr H Kasmuri Selamat dalam jumpa pers tersebut mengatakan, ia telah bertemu Bupati Irdinansyah Tarmizi sebelum seminar Kebudayaan tadi di Aula IAIN Batusangkar. Dari pembicaraan dengan bupati dia menarik kesimpulan materi yang akan disajikan oleh Prof Mahfud MD tentang Islam Nusantara tidak akan tampilkan.

Selanjutnya Kasmuri menjelaskan, Konsep Islam Nusantara dihilangkan, namun Prof Mahfud MD akan tetap tampil memberikan ceramahnya, tetapi dalam bentuk materi lain dalam aktivitas Batusangkar International Conference (BIC) III yang akan diselenggarakan di Emersia Hotel Senin dan Selasa (15,16/10) dengan peserta 400 orang.

Ketika ditanya penghapusan materi Islam Nusantara bakal ada keberatan dari Prof Mahfud MD, Kasmuri menjawab tidak akan ada keberatan,soalnya kalau materi itu akan membuat gaduh di tengah masyarakat dan pihak keamanan bakal diperintahkan untuk menutup seminar untuk apa kita tampilkan juga.

“Kita inginkan seminar yang damai dan menyejukan. Dalam BIC itu nantinya akan menampilkan seminar “Building modern civilization through inclusive Islam”, yakni Seminar Membangun peradaban modern melalui Islam Rahmatan lil alamin,” ungkap Kasmuri.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi ketika dikonfirmasi oleh awak media menyatakan, dia telah bertemu dengan Rektor IAIN Batusangkar H kasmuri, dan telah disepakati oleh rektor kalau nara sumber Prof Mahfud MD tidak akan menampilkan materi Islam Nusantara dalam seminar BIC bulan Oktober mendatang.

Dalam jumpa pers tersebut Rektor IAIN Batusangkar didampingi oleh wakil Direktir Pasca Sarjana DR.Marjoni Mamora dan staf humas IAIN Batusangkar Doni, ** Jum

1026 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*