Semarak Ramadhan 2023, Benny Utama: Tradisi Balimau Wujud Rasa Syukur

Benny Utama saat acara balimau
Benny Utama saat acara balimau

Pasaman, Editor.- Rumah gadang Kaum Datuk Madjoindo Pucuak Bulek Urek Tunggang Pauah Ujuang Tanjuang menghadirkan Bupati Pasaman, H.Benny Utama dan Wabup Sabar AS pada tradisi balimau di Nagari Pauah, Lubuk Sikaping.

Tradisi balimau di rumah gadang Datuk Madjoindo diawali prosesi adat yang diikuti keluarga besar tuo bainduak nan salapan, Datuk Rajo Batimbang, Timbalan Majoindo, Bundo Kandung dan Cucu Kamanakan Datuak Majoindo.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki, dari rumah gadang Datuk Majoindo menuju Masjid Raya Pauah Durian Tinggi untuk bertemu dengan kaum Datuk Madjobatuah Pucuak Adaik Nagari Durian Tinggi yang secara adat merupakan anak dari Datuk Majoindo.

Pada kesempatan itu usai sekapur sirih dari ninik mamak Tommy Irawan Sandra Datuk Madjoindo, Bupati Pasaman Benny Utama dalam sambutanya berharap tradisi balimau ini terus berlanjut dimana sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi Covid- 19.

“Tradisi balimau ini adalah balimau hati yang mana saling bertemu dan saling bermaaf-maafan menjelang Ramadhan. Dua masyarakat Nagari Pauah dan Nagari Duriantinggi saling bertemu dan saling bermaaf-maafan untuk mensucikan diri dalam menghadapi puasa Ramadhan,” kata Benny Utama, Bupati Pasaman dua periode ini, Rabu (23/3/2023) petang itu.

Selain itu, Bupati mantan Jaksa ini juga menyampaikan kepada masyarakat Pasaman atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H, mohon maaf lahir dan batin disaksikan Wabup Pasaman, Kapolres Pasaman, anggota DPRD Pasaman Eka Hariani Sandra, Rahmi Waidah dan ribuan masyarakat Nagari Pauah serta Duriantinggi.

Seperti diketahui tradisi balimau sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan penyucian diri. Pasca Pandemi Covid, tradisi ini mesti terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan yang akan diwariskan untuk kemanakan, paling tidak bagus kaum rumah gadang Datuk Madjoindo. **Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*