Seluruh Anggota DPRD Sumbar Akan Tinjau Antisipasi Covid-19 di Dapil Masing-Masing

Supardi.
Supardi.

Padang, Editor.- Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), pada 10 hari ke depan, seluruh anggota DPRD Sumbar akan turun melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan kebijakan Pemprov Sumbar pada daerah pemilihan (Dapil) masing-masing anggota dewan.

“Keputusan ini, merupakan hasil rekomendasi rapat pimpinan yang dilaksanakan hari ini. DPRD akan mengawal efektivitas kebijakan penanganan Covid-19 yang telah diterapkan di seluruh kabupaten/kota,” ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat jumpa pers dengan wartawan, di gedung DPRD, Senin (6/4).

Ia menambahkan, pengambilan keputusan terkait penanganan Covid-19 di Sumbar telah melewati kajian panjang. Kebijakan pembatasan selektif yang telah diambil sebagai upaya antisipasi diharapkan berjalan optimal terutama pada daerah pebatasan.

“Kebijakan dan penerapan mesti berbanding lurus. Jika tidak efektif DPRD akan mengusulkan konsep strategis dalam pencegahan Covid-19. Masyarakat tengah resah terhadap ancaman wabah Covid-19. Disisi lain   Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri akan segera datang. Untuk hal ini, pemerintah telah menyediakan konsep bantuan sembako untuk kelangsungan masyarakat yang mengalami gangguan ekonomi pada masa antisipasi penyebaran corona. Bantuan itu mesti diberikan tepat sasaran, dan menyasar masyarakat yang berpenghasilan harian.

Kita tidak bisa terpatok kepada basis data terpadu (BDT) pada dinas sosial. Mereka telah menjadi prioritas bantuan lainnya, diharapkan bantuan menyasar mereka yang berpenghasilan harian seperti pengendara ojek online atau pelaku UMKM yang bergantung pada hasil hari ini,” katanya.

Untuk bantuan yang dikonsepkan Pemprov ini, lanjutnya, akan dikoordinasikan dengan lurah atau wali nagari, proses pendatatan mesti akurat. Disebutnya, konsep realisasi bantuan masih dalam pembahasan. DPRD sendiri belum mengetahui jelas bagaimana mekanisme yang akan diterapkan. Jika telah dibahas dengan DPRD maka juga akan dikawal. DPRD Sumbar telah melakukan relokasi anggaran sebesar Rp 9,2 miliar. Anggaran tersebut, diambil dari beberapa pos, seperti perjalanan dinas luar daerah, Bimtek maupun perbaikan-perbaikan gedung.Hasil relokasi anggaran yang mencapai Rp 9,2 miliar tersebut, akan digabungkan dengan anggaran yang didapat organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. Hasil pengalihan anggaran DPRD juga dalam pembahasan, bisa saja anggaran tersebut bertambah.

Supardi juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk membangun komitmen bersama dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Pemerintah telah mengeluarkan aturan – aturan yang tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu ia meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah tentang social distancing. Hendaknya menjaga jarak antar orang, menghindari keramaian dan mengurangi aktivitas di luar rumah. ** Herman

889 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*