Sekdako Payakumbuh Ridha Ananda. Netralitas ASN Harga Mati

Ridha Ananda.
Ridha Ananda.

Payakumbuh, Editor.– Sekda Kota Payakumbuh, Ridha Ananda mengingatkan kembali kepada seluruh ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh untuk tetap netral dalam persoalan politik. Terlebih lagi saat hari pencoblosan Pemilu 2019 kian dekat.

Bila ada ASN terindikasi tidak netral, Pemko Payakumbuh tidak akan membela. Pasalnya, hal tersebut sudah masuk ke persoalan pribadi ASN itu sendiri.

Untuk itu, “Dimohon kepada ASN untuk tetap netral. Jangan ikut-ikut persoalan politik. Jika bermasalah di kemudian hari, itu tanggung jawab pribadi,” ucap Sekda, Selasa (09/04/2019).

Menurut Ridha, jelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, aroma politik kian kental di tengah masyarakat. Sebagai ASN, yang bertugas melayani dan mengayomi masyarakat ke hal yang positif, ASN tidak diperbolehkan terpengaruh nuansa politik.

“Ingat, pemilu kian dekat. Jadi jaga prinsip dan janji seorang ASN. Tugas kita itu melayani, bukan berbaur. Jadi jangan sampai masuk ke hal-hal yang beraroma politik,” ucapnya.

Sebagai Pejabat pembina kepegawaian, Ridha menegaskan ASN dituntut menjaga netralitas dan profesionalisme dengan tidak ikut politik praktis. Walaupun hanya sebagai simpatisan maupun latah.

Jika kedapatan yang demikian, baik dari pegawasan ASN maupun Bawaslu dipastikan ada sanksi yang menunggu.

“Ada sanksi yang diberikan jika tidak bisa menjaga netralitasnya. Baik saat pemilu, maupun proses sebelum pemilu berlangsung,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pada pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang, pemilih diberikan lima kertas suara di TPS. Kertas suara ini masing-masing untuk DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan Calon Presiden-Wakil Presiden.

Adapun DPT Kota Paykumbuh hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-2) pemilu 2019 sebanyak 88.850 pemilih yang terdiri 43.595 pemilih pria dan 45.255 pemilih wanita.

Sedangkan dalam pemilihan legislatif untuk Kota Payakumbuh terbagi 3 dapil yaitu Dapil Payakumbuh Barat, Dapil Payakumbuh Timur yang digabungkan dengan Payakumbuh Selatan. Kemudian Dapil Payakumbuh Utara digabungkan dengan Lamposi Tigo Nagari dengan jumlah TPS 341. ** Yus

815 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*