Sekdakab Sinjai Buka Pelatihan Perancangan Policy Brief

Sekdakab Sinjai saat membuka pelatihan.
Sekdakab Sinjai saat membuka pelatihan.

Sinjai, Editor.- Sekretaris Daerah Drs. Akbar, M.Si menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Perancangan Policy Brief Bagi Aparatur Balitbangda Pemerintah Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar. Jum’at (03/05)

Ketua Prodi Magister Ilmu Terapan STIA LAN Makassar Dr.Halim, SH.,MH selaku ketua panitia menyampaikan bahwa acara pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari dan kami sampaikan,  Asosiasi Analisis Kebijakan Indonesia adalah pihak yang berkompoten untuk menerbitkan sertifikat kompetensi dan kita tetap akan melakukan evaluasi bagi para peserta pelatihan.

Mewakili Ketua STIA LAN Makassar Prof.Dr.Muh.Basri, M.Si (Pembantu Ketua I ), dalam sambutanya mengatakan bahwa  ini merupakan salah satu langka yang sangat tepat yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam rangka untuk memberikan pelatihan guna memahami bagaimana membuat kebijakan pro kepada kepentingan masyarakat, ini adalah merupakan langkah yang maju karna daerah ini pertama kali merintis kerjasama yang terkait kompotensi perancangan policy brief.                                     

Perlu kita ketahuai bahwa kebijakan publik ini pembuatanya diharapkan dengan berdasar pada bukti, jadi salah satu pendekatan berbasis pada bukti maka dalam rangka melanjutkan suatu kebijakan publik didahului dengan perincian,sehingga kebijakan publik policy brief ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi semua aparat pemerintah yang ada didaerah tersebut.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Drs.Akbar,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahuai,policy brief sebagai produk tertulis yang merupakan hasil dari pelaksanaan salah satu jenis aktifitas  kelitbangan utama yakni Evaluasi Kebijakan yang intinya berisi rekomendasi yang dihasilkan dari aktifitas analisis yang berbasis bukti,data dan informasi yang valid, yang menilai sebuah rencana maupun pelaksaan sebuah kebijakan.

“Saya berharap selain teknik perancangan policy brief, peserta juga memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk menggali sebanyak-banyaknya pengetahuan tentang konsep serta teori kebijakan publik, terutama kebijakan publik yang dirancang dengan berbasis bukti serta kesempatan untuk memahami peran dan fungsi analis kebijakan sebagai sebuah jabatan fungsional yang tidak kalah penting perangnya dalam aktifitas pemerintah kita”.

Dengan pelaksaan pelatihan ini saya berharap kiranya sumberdaya Kelitbangan sebagai ujung tombak pelaksaan kajian kebijakan publik dapat ditingkatkan, terutama peningkatan produk hasil studi kebijakan publik,mampu melakukan analisis kebijakan dan mampu merancang policy brief berbasis fakta.

Turut hadir dalam acara ini Ketua STIA LAN Makassar, Sekjen Asosiasi Analisis Kebijakan Indonesia (AAKI), Para Peserta dari Balitbangda dan Bappeda Pemerintah kabupaten Sinjai.** Rasyd

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*