Seiring Lomba Baca Pusi dan Dongeng, Henny Riza Falepi Dilantik Jadi Bunda Literasi

Henny Riza Falepi dilantik menjadi Bunda Literasi Kota Payakumbuh.
Henny Riza Falepi dilantik menjadi Bunda Literasi Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Sejalan dengan  Lomba Puisi dan Mendongeng yang digelar di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Payakumbuh, Rabu (28/8), Henny Riza Falepi dilantik menjadi Bunda Literasi Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda mengucapkan selamat dan sekaligus memasangkan salempang, menyerahkan SK, dan bingkisan kenang-kenangan kepada Dr. Henny Yusnita Zubir.

Tugas Bunda Literasi adalah membantu Pemerintah dalam memasyarakatkan minat baca serta mempromosikan kegiatan literasi dan mengintegrasikan serta mensinergikan kegiatan literasi pada pemerintah dan swasta.

Dalam momen itu, Henny Riza terharu sekaligus bahagia dan menyampaikan tekadnya yang juga sebagai Bunda PAUD Kota Payakumbuh untuk menggerakkan lini masyarakat agar menyukai membaca dan menulis. Menurut Henny dengan membaca dapat memperluas imajinasi, dengan begitu akan banyak ide-ide yang muncul. Sedangkan dengan menulis akan mengeluarkan segala ide yang dikembangkan fikiran.

Lomba baca puisi dan mendongeng yang diikuti oleh masyarakat umum dan guru PAUD, TK, SD se-kota Payakumbuh, mengusung tema perjuangan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Kegiatan berlangsung di halaman kantor dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota,  Rabu (28/8).

Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan, “Lomba ini kita buat bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan budaya baca masyarakat serta mengembangkan pengetahuan dan daya imajinasi masyarakat melalui penciptaan suatu karya berdasarkan informasi”, ungkap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh Prima Yanuarita, SH, S. Msi.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda mengatakan, literasi itu merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi,

“Ketrampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktifitas membaca dan menulis, maka dengan proses membaca dan menulis ini akan dapat  memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari”, ungkap Rida.

Rida juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat kota Payakumbuh agar menjadi anggota perpustakaan,

Lomba yang berlangsung selama 2 hari ke depan ini mengundang juri yang sudah berpengalaman di bidang literasi seperti Iyut Fitra dan Okta Paliang yang merupakan sastrawan kota Payakumbuh serta Pandu Birowo dosen ISI Padang Panjang. Kegiatan lomba ini menyediakan tabanas dengan total puluhan juta dalam semua kategori yang dilombakan. ** Yus

500 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*