Satgas Pangan Kabupaten Solok Lakukan Monitoring Harga Pasar

Arosuka, Editor.-Satgas Pangan Kabupaten Solok lakukan monitoring dan pemantauan harga pasar Sembilan (9) Bahan Pokok dan Gas LPG 3 Kilo gram yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai pada tanggal 30 sampai dengan 31 Maret 2023. Pasar yang di survei adalah pasar Nagari Sirukam dan Pasar Nagari Bukit Sileh.

Adapun instansi yang melakukan Minitoring diantaranya Dinas Perikanan dan Pangan, Kodim 0309 Solok, Polres Solok, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Koperasi, UKM dan Perindag, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Bagian Perekonomian Setda, Bagian SDA Setda.

Adapun 9 Komoditi tersebut adalah Beras, Cabe Merah Keriting, Bawang Merah, Daging Sapi, Daging Ayam, Telur Ayam, Minyak Goreng, Gula Pasir, dan Tepung Terigu.

Dari hasil monitoring, secara umum keberadaan 9 bahan pokok dan ketersediaan Gas LPG 3 Kilo gram di lapangan dilaporkan tidak bermasalah serta tidak terjadi gejolak harga pada 9 komoditi dan Gas LPG 3 Kilo gram.

Harga 9 bahan pokok dibandingkan minggu sebelumnya tidak mengalami perubahan, kecuali untuk komoditi cabe merah keriting mengalami penurunan harga dari Rp. 45.000 menjadi Rp. 26.000, dan komoditi bawang merah juga mengalami penurunan dari Rp. 30.000 menjadi Rp. 20.000.

Dan yang perlu menjadi perhatian khusus adalah telur ayam karena berkemungkinan akan ada peningkatan jumlah permintaan dan kenaikan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dari survei tersebut diharapkan kondisi ketersedian bahan pangan pokok ini dapat bertahan sampai Idul Fitri 1444 H mendatang.**Ronikoto/Dina/Rell

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*