Sambut Penilai Adipura, ASN Pemkab Agam Goro di Pasar Inpres

Lubuk Basung, Editor,- Sekitar 200 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melakukan gotong royong untuk membersihkan Pasar Inpres dan Pasar Usang Lubuk Basung, Senin (20/11), dalam menghadapi penilaian Adipura pada 2017.

Asisten I Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik Sekretariat Daerah Agam, Yosefriawan di Lubuk Basung, Senin, mengatakan, ke 200 ASN ini berasal dari organisasi perangkat daerah.

“Gotong royong ini juga melibatkan anggota Polres Agam, Kodim 0304 Agam dan pengurus pasar,” katanya.

Ia menambahkan, seluruh sampah  yang ada di pasar tersebut dikumpulkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung. Sementara meja tempat berjualan pedagang ditata dengan baik.

“Kita juga mengimbau warga untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka,” katanya.

Gotong royong yang dilakukan ini dalam rangka penilaian Adipura pada 2017 dan rencananya tim dari pusat akan menilai titik pantau dalam minggu ini.

“Kita telah membenahi dan membersihkan titik patau yang akan dinilai itu seperti, pasar, TPA, taman kota, Perumahan Talago, sekolah dan lainnya,” katanya.

Dengan gotong royong tersebut, pihaknya berharap Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam meraih piala Adipura pada 2017 dan penghargaan tersebut akan diserahkan pada 2018.

Pada 2016, tambahnya, Lubukbasung belum mendapatkan penghargaan apapun baik sertifikat maupun piala Adipura.

Program Adipura merupakan salah satu program  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mendorong terwujudnya kota-kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan dalam mewujudkan kota-kota yang layak huni (livable city) melalui kinerja kepemimpinan kepala daerah.

Selain itu, kota-kota tersebut juga harus mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan juga pembangunan lingkungan dengan turut mendorong partisipasi aktif masyarakatnya. ** Yanto

656 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*