Rustam Efendi Inisiasi Berbagi Makan Gratis Buat Pekera Informal

Anggota DPRD Kota Padang, Rustam Efendi saat membagikan makanan kepada warga di Koto Tangah
Anggota DPRD Kota Padang, Rustam Efendi saat membagikan makanan kepada warga di Koto Tangah

Padang, Editor.- Himbauan Pemerintah Kota Padang untuk lockdown kepada masyarakat selama wabah virus corona, tentu saja sangat berdampak sangat besar pada perekonomian bagi kelompok masyarakat menengah ke bawah.

Rustam Efendi salah seorang anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi PAN, Minggu (5/4), menginisiasi gerakan berbagi makan gratis untuk para pekerja informal, seperti tukang ojek pangkalan, pedagang keliling, hingga petugas kebersihan taman kota yang masih bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan itu dilakukan karena Rustam Efendi dan keluarganya ingin membantu mereka yang penghasilan hariannya bekurang karena sulitnya mendapatkan pelanggan di tengah penerapan menjaga jarak fisik dan mengurangi kegiatan di luar rumah saat ini.

Rustam Efendi menyebut, makanan gratis (nasi bungkus) yang disediakannya dipesan dari warung nasi ampera kaki lima. Ia dan keluarga memilih untuk membeli nasi bungkus itu agar sekaligus membantu para pedagang makanan yang omsetnya menurun di tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan, secara kebetulan sekali juga salah seorang rekan atau kawan dari media yang berposko di DPRD Padang menelepon dirinya. Pada saat itu kawan dari media tersebut minta bantu agar mau membeli nasi bungkus dan kemudian untuk dibagi-bagikan.

“Saat itu merekomendasikan nasi ampera Rp10.000/bungkus yang dikelola keluarga beliau di pasar raya Padang yang saat ini mengalami penurunan omset jual beli akibat sepinya pengunjung ke pasar raya Padang,” terang Rustam Efendi .

Tanpa berpikir panjang sambung Rustam, dirinya langsung memesan 25 bungkus untuk dibagi – bagikan. Dia mengaku sudah menyediakan makan gratis sebanyak 25 bungkus sejak Sabtu (4/4) hingga Minggu ini (5/4) juga 25 bungkus untuk mereka para ojek pangkalan, petugas kebersihan taman kota dikawasan Koto Tangah.

Didampingi keluarga, Rustam Efendi mulai bergerak sejak  pukul 11.30 WIB. Kami mulai berbagi dari Jalan simpang Tabing, simpang Asrama Brimob, simpang Gery hingga Kayu Kalek. bungkus. makanan

nasi

Dia berharap, selama pandemi Covid-19 menerpa, pihak yang ikut tergerak pun bertambah untuk masyarakat yang  membutuhkan di sekitarnya dengan caranya masing-masing.

Ini merupakan gerakan simple yang bisa dilakuin banyak orang. Ayo, bagi kita yang diberikan lebih rezeki nya saat ini, bisa memesan paketan makanan nasi bungkus ampera seperti yang baru saja kami lakukan. Dalam hal ini kita sudah dapat membantu UMKM atau pedagang kecil yang terdampak ekonomi yang sedang terjadi saat ini.

“Misalkan harga Rp 10.000 /bungkusnya, dengan uang 100 ribu, kita sudah membantu jual beli pedagang nasi tersebut dan kita sudah bisa kasih makan pada 10 orang,” ungkap Rustam Efendi, Wakil Rakyat dapil I Koto Tangah ini.

Meski terbilang baru melakukan kegiatan berbagi makanan, aksi Rustam Efendi dan keluarga disambut baik oleh mereka yang mendapatkan bantuan tersebut. Berbagai itu indah walau sederhana, berbagi untuk sesama tidak harus yang mewah. ** Arman/BI

383 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*