Ruas Jalan Provinsi Sikabau – Simalidu Rusak Parah dan Mengancam Pengguna Jalan

Penyerahan bantuan untuk Masjid Nurul Islam, di Jl. Khatib Ismail, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.
Penyerahan bantuan untuk Masjid Nurul Islam, di Jl. Khatib Ismail, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Dharmasraya, Editor.- Kondisi jalur jalan provinsi, dari Sikabau sampai Simalidu mengalami rusak dan berlubang. Kondisi tersebut membahayakan dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans), Kandam, saat menyampaikan sambutan dalam Safari Ramadhan, di Masjid Nurul Islam, di Jl. Khatib Ismail, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, pada Senin (25/4/2022) malam.

Kandam melaporkan terdapat banyak titik di sepanjang jalan Sikabau – Simalidu yang  jalan hancur dan berlubang, sehingga hal tersebut sangat mengganggu akses pengguna jalan.

“Ditambah jalan Sikabau – Simalidu ini merupakan satu-satunya jalur yang terdekat antar provinsi yang terdekat antara Kabupaten Muara Bungo dan Kabupaten Tebo,” ujarnya.

“Harapannya, jalur Provinsi ini bisa segera diperbaiki, pasalnya di jalur-jalur tersebut digunakan kendaraan yang membawa sawit dan getah,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Nizam, Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sumbar, yang hadir mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, mengutarakan pihaknya akan segera melakukan perbaikan jalan.

“Memang kondisi jalan lintas Sumatera itu sudah banyak yang rusak, tentu saja kondisi itu sangat membahayakan pengguna jalan,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Dharmasraya, Sarbaini menyampaikan kondisi di jalan provinsi yang padat penduduk tersebut membuat kondisi jalan memang  kurang terjaga oleh masyarakat setempat.

“Saya harap kedepan, adanya regulasi terkait tonase kendaraan yang melebihi kapasitas. Sebetulnya sudah banyak perbaikan jalan di beberapa titik, namun dikarenakan tonase kendaraan yang melebihi kapasitas, sehingga banyak jalan yang rusak kembali karena tidak sanggup lagi menahan beban kendaraan,” terangnya.

Ia berharap, adanya perbaikan secara keseluruhan di semua titik jalan Provinsi yang menghubungkan Sikabau – Simalidu ini mendapat tindak lanjut dari Provinsi.

“Menindaklanjuti hal tersebut secepatnya kita akan diskusikan dengan Pemprov untuk memperbaiki seluruh jalan yang rusak, sehingga kondisi jalan bisa kembali mulus dan pengendara kendaraan dapat merasa aman dan nyaman saat melintas,” tambah Sarbaini

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan dari Biro Kesra Provinsi Sumbar, Indah Sriwahyuni, Perwakilan BPKAD Silviana, dan Perwakilan Diskominfotik Prov Sumbar, Oni Fajar Syahdi.

Mendampingi Sekda Kabupaten Dharmasraya, Kabag Keuangan Daerah, Asril, Kabag Tapem dan Otda, Marco Andreas, dan Kabag Prokopim, Robi Suhendra. ** MC Prov Sumbar

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*