Rp 200 Juta DAU Limapuluh Kota Dipotong Pusat Untuk Penanggulan Virus Corona

Deni Asra.
Deni Asra.

Lima Puluh Kota, Editor.- Seluruh Daerah di Indonesia kini disibukkan dengan penanganan wabah virus corona. Banyak proyek dan kegiatan OPD yang tidak terlaksana karena anggarannya dipakai untuk penanganan virus corona tersebut.

Sekitar Rp200 miliar anggaran DAU dan DAK untuk Limapuluh Kota ditarik lagi oleh pusat untuk penanganan corona. Padahal daerah juga membutuhkan untuk pencegahan wabah covid-19 tersebut, ungkap Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra dalam bincang-bincang dengan awak media sambil berjemur sinar matahari pagi di kediamannya Tanjung Pati, Kamis (9/4) lalu.

Menurut Deni, kabupaten Limapuluh Kota kini sedang kesulitan anggaran, karena dana dari pusat, berupa DAU dan DAK yang diperuntukkan buat daerah Limapuluh Kota diambil lagi oleh pusat untuk penanganan virus corona secara nasional.

“Total dana yang dipotong oleh pusat ada Rp200 miliar. Padahal, daerah sendiri butuh dana juga untuk penanganan corona,” ujarnya.

Lebih lanjut Deni mengatakan, untuk membahas persoalan tersebut, pihaknya mengundang Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama jajaran untuk rapat bersama. Sehingga menjadi jelas dana untuk kementerian dan dana untuk daerah. Sebab, daerah juga butuh dana untuk penanganan virus corona.

Menurutnya, Pemkab Limapuluh Kota sudah menganggarkan dana Rp 15 miliar untuk pembelian alat perlindungan diri (APD). Selain itu, juga dianggarkan dana Rp 38 miliar untuk pembelian beras dan sembako untuk masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Misalnya,tukang ojek, sopir truk, sopir angkot, pedagang, dan lapisan masyarakat lainnya yang terkena dampak virus corona dialokasikan dana bantuan.

Pada bagian lain, Deni yang juga ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lima Puluh Kota mengatakan, untuk penanganan wabah virus corona, Dpc Gerindra juga ikut berpartisipasi  dengan  melaksanakan penyemprotan  disinfektan di seluruh kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Partai Gerindra juga melakukan pembagian masker serta sembako untuk masyarakat, jelasnya. ** Yus

686 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*