Riza Falepi: Vaksinasi Adalah Hak Masyarakat, Segerakanlah Sebelum Vaksin Berbayar

Riza Falepi
Riza Falepi

Payakumbuh,Editor.- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi ingatjan warganya, Vaksinasi adalah hak rakyat, bukan kewajiban. Ini disediakan oleh pemerintah, bila tak diambil haknya sekarang, suatu saat vaksinasi berbayar, jangan pula menagih nantinya. Mumpung gratis, bersegeralah.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Riza Falepi kepada awak media Selasa (6/7), di Balaikota Payakumbuh,sehubungan  pemerintah pusat menetapkan 4 kota di Provinsi Sumatera Barat, (seperti Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, dan Solok) ditingkatkan statusnya menjadi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang diperketat, setara dengan kondisi pulau jawa.

Menurut Riza, Kota Payakumbuh masih berada di zona kuning penyebaran Covid-19, dan tidak masuk dalam bagian strategi pengetatan seperti di Pulau Jawa.

Untuk itu, Wako menghimbau warganya agar lebih hati-hati, mengingat virus corona varian delta yang berasal dari India sudah masuk ke Payakumbuh. Virus ini lebih cepat penyebarannya, lebih ganas, lebih mematikan, dan sebagian besar tidak terdeteksi oleh PCR test, tau-tau yang terpapar sudah meninggal saja, ungkap Riza.

Meski cukup khawatir, Riza Falepi sangat meminta dengan sangat  kepada warga Payakumbuh untuk dapat memperhatikan hal penting seperti; pertama disiplin dalam protokol kesehatan, kedua menghindari kerumunan-kerumunan seperti pesta pernikahan, kafe yang membludak, serta keramaian pasar ketika hari pekan. Ketiga bersegeralah vaksinasi, karena itu satu-satunya cara yang dimiliki yang direkomendasikan oleh medis, karena Varian baru ini, kalau kita positif setelah divaksin biasanya tidak menimbulkan dampak parah,kata Riza.

Riza menyebutkan, vaksinasi tidak merusak pada tubuh, hingga kini buktinya, sebagai orang pertama yang divaksin di Payakumbuh, Riza tak merasakan apa-apa, malahan menurutnya yang merusak tubuh itu justru Covid-19.

“Terakhir, saya tidak ingin menakuti, tapi dengan varian delta ini, bersiap-siagalah dengan kemungkinan badai pandemi yang lebih besar. Tapi kalau kita berusaha menjalankan prokes ketat sambil berikhtiar kepada Allah, semoga badai itu bisa kita hindari.

Sebagai wali kota saya menyayangi rakyat saya, tidak ada tindakan saya yang niatnya mencelakai masyarakat, mohon dipahami dan hindari hoax yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. **Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*