Rivaldi & Armelia, Uda dan Uni Duta Wisata Payakumbuh 2016

Payakumbuh, Editor.- Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2016, milik Rivaldi  Ing Furqoni, 22 th dan Armelia Putri, 21 th.  Sepasang anak nagari Kota Batiah, ini dinobatkan dewan juri sebagai Uda Uni  Duta Wisata, setelah melewati perjalanan panjang, sejak 10 Agustus  lalu, hingga malam grand final di GOR Serbaguna M. Yamin, Sabtu (13/8). Keduanya berhak maju ke tingkat provinsi dalam pemilihan Uda dan Uni Sumatera Barat, 2016.

Grand final pemilihan Uda Uni Duta Wisata itu, disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Sumatera Barat, Ketua Dekranasda Payakumbuh Dr. Hj. Henny Riza Falepi,    Walikota Payakumbuh diwakili Kadisparpora Syahnadel Khairi, sejumlah pimpinan SKPD, perwakilan anggota Forkopinda, pimpinan cabang Bank Nagari H. Zainal Abidin, Puteri Hijab Indonesia 2015, Yuliana Ristantia, Puteri Pariwisata Sumbar 2015 Anye komala Sari, dan pengurus Ikatan Uda Uni Sumatera Barat dan ratusan penonton.

Setelah menjalani latihan kepribadian selama karantina di sebuah hotel melati di Payakumbuh, 18 Uda dan 23 Uni, tampil satu persatu melewati catwalk di GOR M. Yamin. Tahap pertama, dari 18 Uda dan  23 Uni yang ambil bagian, dewan juri yang terdiri dari Fomalhaut Zamel, Ifra Yunaldi, Sari Lenggogeni. Adriani,  Edo Afrinaldi dan Barrty Prima, serta Ketua Dekranasda Hj. Henny Riza Falepi, menetapkan 10 Uda dan Uni.

Untuk selanjutnya, 10 Uni dan 10 Uda kembali bersaing, menjawab pertanyaan yang disediakan, menyangkut dunia pariwisata lokal, regional dan nasional, selain kemampuan mengetahui seni  budaya alam Minangkabau. Dari 10 Uda dan 10 Uni, hanya tiga Uda dan tiga Uni yang lolos ke babak utama. Hingga akhirnya,  Rivaldi dan Armelia sukses meraih gelar juara Uda Uni dan Duta Pariwisata Payakumbuh 2016.

Sementara itu, dewan juri juga menetapkan wakil I  Uda dan Uni Payakumbuh yang direbut Angga Putra dan Tiara Rizki Maharani. Kemudian, Wakil II Uda dan Uni yang diperoleh Muhammad Fajar dan Monica Nabilla.

Sedangkan, Uda dan Uni Persahabatan milik Jemy Pratama dan  Sonya Silvia. Kemudian, untuk  Uda dan Uni  Berbakat jautuh ke tangan Jemy Pratamadan Keke Farinisli. Berikutnya, kategori Uda dan Uni  Intelegensi diraih Ervan Ibsah Rodan dan Sonya Silvia. Sedangkan Udan dan Uni Favorit diberikan kepada Nopi Isbat Tahta Lawna Sakti.

Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Disparpora  Syahnadel Khairi, mengaku puas dengan penyelenggaraan pemilihan Uda Uni  Duta Wisata Payakumbuh. Ia berharap,  sepasang Uda Uni Duta Wisata terpilih, untuk terus  mengasah kemampuan akademis dan pengetahuan umum lainnya untuk bekal menuju pemilihan Uda dan Uni Sumatera Barat.

Menurut walikota, penyelenggaraan pemilihan Uda Uni Duta Wisata Payakumbuh, berjalan tanpa cela. Payakumbuh pantas menjadi tuan rumah untuk iven yang sama atau gelar acara fashion dan modeling lainnya berskala nasional, sebut walikota.

Harapan ke depan. Uda Uni Duta Wisata terpilih, punya tanggung jawab moral untuk mengenalkan Sumatera Barat dan Payakumuh  ke dunia luar, dari segi konteks budaya, kesenian dan dunia kepariwisataan Payakumbuh dan Sumatera Barat.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Payakumbuh Dr. Henny Riza Falepi, menilai, penyelenggaraan iven Uda dan Uni,  bukan sekedar  mencari talenta generasi muda Payakumbuh yang  memiliki karekteristik, kepribadian yang baik serta pengetahuan  luas. Tapi, juga menanamkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap semangat nasionalisme.

Seluruh Uda dan Uni terpilih, diminta punya tanggung jawab dalam mensosialisasikan budaya dan pariwisata yang dimiliki Payakumbuh ke dunia luar. Menurutnya,  perbedaan budaya yang dimiliki, diharapkan menjadi pemersatu bagi generasi muda dalam memelihara semangat kebhinnekaan. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*