Ritno Kurniawan Nominator Frans Seda Award 2016

Lubuk Alung, Editor.- Ritno Kurniawan, pemuda pelopor pariwisata Padang Pariaman dinominasikan menerima Frans Seda Award 2016 setelah menyisikan 300 peserta dari seluruh Indonesia.

Sosok Ritno Kurniawan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya dan Indonesia umumnya seperti yang diungkapkan oleh salah satu juri, Totok saat melakukan kunjungan penilaian ke objek wisata Air  Terjun Nyarai tanggal 16 Mei 2016 lalu.

Totok mengatakan, Ritno dipilih dari 300 peserta dan masuk dalam  11 nominator dari liputan berbagai media nasional tentang perjuangannya dalam merubah hidup penebang pohon menjadi pemandu wisata di hutan Gamaran Lubuk Alung, sehingga dapat menginspirasi banyak orang dimana ini merupakan salah satu tujuan award ini diberikan.

Untitled-1Frans Seda Award adalah sebuah penghargaan yang diselenggarakan karena terinspirasi dari nama, sosok, dan karakter seorang negarawan Indonesia yang bernama Franciscus Xaverius Seda, atau lebih dikenal dengan Frans Seda (1926-2009).

Ketika diluncurkan pada 2011, “Frans Seda Award” dapat dikatakan menjadi pendatang baru dalam dunia penganugerahan (award) di Indonesia dengan maksud dan tujuan yang khas salah satunya adalah menghargai para warga negara yang telah melakukan karya nyata yang berdampak positif bagi bangsa dan negara.

Award ini dilaksananakan dua tahun sekali. Tahun 2016 merupakan award ke 3 (tiga) sejak tahun 2011. Ritno Kurniawan masuk dalam kategori Kemanusian dari dua kategori award. Award tahun 2016 ini untuk wilayah Sumatera diwakili oleh Aceh dan Sumatera Barat.

Pada saat melakukan kunjungan, datang dua orang juri, Totok dan Masudiki dari  Universitas Paramadina Jakarta dan Pengurus NU yang merupakan institusi mitra Frans Seda Award untuk melakukan penilaian lapangan.

Mereka berdua sangat terkesan dengan sosok Ritno yang bersahaja, rendah hati dan ikhlas dalam berbuat. Tanggal 1 juni 2016 akan diumumkan nominator yang masuk 2 besar dan akan diundang ke Jakarta pada tanggal 1 Oktober 2016. Frans Seda Award juga mmeberikan hadiah uang tunai Rp 50 juta bagi pemenang. ** Hms/Sgr

1017 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*