Puluhan Murid SD Ikuti Lomba Tahfiz Al-Qur’an di SMP Pembangunan Labor UNP

Padang, Editor.- Menjelang bulan suci Ramadhan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang menggelar lomba Thafidz Al Qur’an dan Rangking 1 bagi siswa-siswi murid SD (Sekolah Dasar)di Halaman SMP Pembangun Labor UNP, Selasa (9/5).

Sekitar 50-an siswa SD yang mampu menghapal Al Qur’an dan mengasah bacaan serta hafalan. Perlombaan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pendidikan sejak usia dini kepada masyarakat, di usia dini seperti tingkat SD dan MI diharapkan generasi Islam sudah mulai hafal dan bisa melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al Qur’an.

“Kita berharap lomba ini agar anak selalu ingat dengan Al Qur’an dan menambah semangat menghafal Al Quran. Selain itu mencari bibit Qurani yang akan neneruskan pengajar Al Qur’an,” kata Direktur Sekolah Labor UNP, Dr Nuhasansyah, Selasa (9/5) kemarin diselah-sela lomba itu.

Lebih lanjut, Nurhasansyah berharap lomba tersebut menjadi pengasah belajar dan berpikir sesuai dengan koridor Al Quran bagi generasi bangsa.“InsyaAllah bisa meningkatkan kualitas belajar Al Qur’an dan berpikir lebih cerdas berdasar Quran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Pembangunan Labor UNP, Mislinda menggungkapkan, perlombaan Tafidhul Qur’an merupakan sebuah wahana dan motivasi dalam rangka pengembangan ilmu menghafal Alqur’an, untuk mencetak kader-kader hafidh dan hafidhah yang terbaik dimasa yang akan datang, sekaligus sebagai rujukan dalam karakter generasi muda agar menjadi generasi qur’ani.

“Ilmu dan adab didahului membaca Al-Qur’an dengan bacaan “Mujawwab” (seni Membaca_red) dengan mengikuti pedoman dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ucap Mislinda didampingi Eri Nopemberi, Wakasek SMP Pembangunan Labor UNP.

“Kami senang siswa SMP Pembangunan Labor UNP siswanya ada yang hafiz Al-Qur’an. Sementara bagi peserta lomba bermanfaat Untuk melatih mental dia dan memperlancar hafalannya. Kadang kalau ikut lomba dia akan belajar lagi membuka Al Quran untuk dihafal ulang,” tutur Eri Nopembri menambahkan. ** Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*