PT BPP Sosialisasikan Permentan RI Mitra Plasma KUD Parit

Sosialisasi yang digelar PT. BPP di Pasbar.
Sosialisasi yang digelar PT. BPP di Pasbar.

Pasbar, Editor.- PT. Bakri Pasaman Plantation (PT BPP) melaksanakan sosialisasi pemotongan tiga persen terhadap Tandan Buah Segar (TBS) yang di lakukan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) kepada mitra plasma KUD Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatra Barat di Aula Diklat PT. BPP, Sungai Aur (2/8/19).

KUD Parit tersebut menaungi Kelompok Tani terdiri dari Jorong Parit, Jorong Air Balam, Jorong Siduampan, Jorong Kampung Randah dan Jorong Batas Tarok. Sementara itu PT. BPP perusahaan perkebunan kelapa sawit di Pasaman Barat, yang mempunyai kebun Plasma binaan atau kemitraan terdiri dari beberapa Koperasi Unit Desa yang tersebar di Pasaman Barat.

Tujuan diadakan sosialisi ini agar petani plasma yang tergabung dalam wadah KUD Parit lebih mengerti hal apa saja yang mempengaruhi atau menyebabkan pemotongan yang telah diatur dalam Permentan RI.

Pada kesempatan tersebut Ketua KUD Parit, Syamsul Bahri yang juga sebagai DPRD Provinsi Sumbar terpilih dari Partai PDIP perwakilan Pasaman Barat dan Kab Pasaman mengatakan, terkait pemotongan tersebut sesuai Permentan Republik Indonesia itu realisasinya kadang melebihi persentase yang telah ditetapkan.

“Harus ada win win solusion kesepakatan bersama. Jangan ada saling merugikan dan petugas sortasinya diharapkan hanya menyortir buah mentah dan jangan kosong saja,” kata Syamsul Bahri dan diamini oleh utusan dari kelompok lainnya.

Sementara itu Dedi Wismar selaku Manajer PT.BPP bidang plasma mengatakan, plasma juga diharapkan menjaga kualitas panen untuk dikirim PKS agar hasil Crude Plm Oil (CPO) dapat sesuai yang telah diatur oleh peraturan Kementrian  Pertanian Republik Indonesia, sehingga hubungaan kemitraan ini bisa berjalan sesuai yang di harapkan.

Hadir Pada kesempatan tersebut Manajer BNC bidang Plasma kemitraan, Dedy Wismar, Indra Sefril, Alasan dan Asril. Sementara itu anggota kelompok tani plasma Raja berharap pembayar TBS di harapkan kan tepat waktu. ** Arwin

1278 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*