Program KEM Bertujuan Membangun Kemandirian Masyarakat

Padang, Editor.-  Sejak tahun 2015 FLipMas indonesia telah melaksanakan Program Bantuan Bina Lingkungan dengan konsep pembangunan Kawasan Ekonomi Masyarakat ( KEM ) di Nagari Tikalak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kab Solok.

Nagari Tikalak mendapatkan kesempatan sebagai salah satu dari 5 Nagari di Provinsi Sumbar dan satu dari 45 Wilayah KEM di Indonesia yang memperoleh program pembangunan kawasan ekonomi masyarakat yang terlaksana berkat kerjasama FW Minangkabau dan PT. Pertamina tahun 2015 – 2016.

“Program KEM ini berupa kegiatan yang membangun kemandirian masyarakat agar dapat berjalan secara berkeseimbangan memberikan manfaat dalam maningkatkan perekonomian masyarakat. Semoga program KEM ini telah terbukti keberhasilan akan menjadi motivasi dan memberi efek domino berupa menyebarkan pola atau cara yang diterapkan ke nagari-nagari di sekitarnya,” kata Wakil Bupati Solok dalam sambutannya pada Seminar Nasional Dan Workshop Penulisan Proposal Pengabdian Pada Masyarakat yang dilaksanakan LPPM Universitas Ekasakti bekerjasama dengan FLipMAS Wilayah Minangkabau  di Auditorium Universitas Ekasakti Padang, Kamis (23/2).

Lebih lanjut dikatakan, program tersebut bertujuan membantu pemerintah dalam percepatan peningkatan pembangunan perekonomian masyarakat yang dikhususkan untuk wilayah kategori desa miskin dan memiliki minimal 5 Ha lahan terlantar. Semoga jangka panjang bisa mengangkat perekonomian daerah Kab Solok.

Sementara itu Ketua FLipMAS Wilayah Minangkabau, Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, MS menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dan pelaksanaannya dilaksanakan dengan melakukan kerja sama dengan PTN/PTS secara bergulir. Tahun ini bekerjasama dengan LPPM UNES dan merupakan kegiatan ke III.

FLipMAS  Wilayah (FW) Minangkabau merupakan organisasi nirlaba yang terdiri dari dosen-dosen pengabdi dari PTN dan PTS seluruh Sumbar dan merupakan salah satu perpanjangan tangan dari FLipMAS Indonesia.

“Misi FW Minangkabau adalah mentraformasikan kemanfaatan eksistensi perguruan tinggi bangsa dan berperan sebagai fasilisator, penguat dan pemberdaya berupaya mengajak dosen untuk meningkatkan partisipasinga dan daya saing dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” kata  Dr. Ir. Ellyza Nurdin, MS.

Pada kesempatan itu Rektor UNES. Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH dalam sambutannya mengatakan, Tema kegiatan ini adalah Membangun Kemandirian Masyarakat dengan Aplikasi IPTEK Perguruan tinggi Melalui Kolaborasi Dosen Pengabdi Profesional Pendidik Masyarakat

Pengabdian pada masyarakat hakikatnya adalah implementasi dari hasil pengembangan Ilmu Pengetahuan, SAINS dan teknologi kalangan perguruan tinggi. Kegiatan ini berorientasi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan upaya untuk membantu dan bersama-sama masyarakat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat serta peningkatan kapasitas, potensi dan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai bagian dari masyarakat regional kita tengah memasuki agenda ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan tujuan esensialnya memperkecil kesenjangan pertumbuhan ekonomi antara negara anggota ASEAN,” kata Andi Mustari Pide.

Tampil sebagai pembicara pada seminar tersebut Prof. Dr. Irwan Prayitno,M.Sc,  Prof.Dr.Nurono Suwandi (Ketua FLipMas Pusat), Priyo Dwi Riyanto (ertamina Pusat) dan Prof. Dr. Elliza Nurdin,MS (Ketua FlipMAS Minangkabau). ** Rhian/Olga/Hms

954 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*