Program Keluarga Harapan Prioritas di Kab. Padang Pariaman

Padang Pariaman, Editor.- Bupati Padang Pariaman melalui Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kab. Padang Pariaman Dra. Hj. Gusnawati, menerima secara resmi peserta Praktek Belajar Lapangan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sambutannya Kadis Sosnaker Gusnawati menyatakan Program Keluarga Harapan (PKH ) yang telah berjalan di Kabupaten Padang Pariaman merupakan program lanjutan dari program sistem jaminan sosial dengan pemberian bantuan tunai kepada Rumah Tangga Miskin (RTM ) yang memenuhi persyaratan dan mematuhi komitmen.

PKH merupakan salah satu program nasional penanggulangan kemiskinan dan sekaligus menjadi program prioritas daerah di Kabupaten Padang Pariaman dimana sampai saat ini dana bantuan PKH telah terealisasi sebanyak Rp. 21.801.406.500,- dari tahun 2013 sampai dengan 2016 di Kab. Padang Pariaman.

“Kabupaten Padang Pariaman sangat terbantu dengan adanya Program pengentasan kemiskinan berasal dari dana APBN Kementerian Sosial RI dan diharapkan mempercepat penurunan angka kemiskinan,” jelas Kadis Sosnaker Gusnawati.

Menurut laporan Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera Padang yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat dan Kerjasama Drs. Afrinaldi. M.Si tujuan pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan (PBL ) Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta diklat dalam menerapkan ilmu-ilmu di kelas dengan di lapangan,melakukan validasi, verifikasi dan pemutahiran data peserta PKH Praktek PBL diarahkan pada pengalaman materi melalui studi wawancara/pengamatan,observasi, studi dokumentasi bagaimana pelaksanaan pendampingan PKH yang sesungguhnya.

Menyiapkan peserta diklat untuk menjadi pendamping penanggulangan kemiskinan (bukan saja pendamping PKH tetapi menjadi pendamping penanganan kemiskinan )

“Peserta kegiatan ini sebanyak 125 orang terdiri dari 103 dari Provinsi Sumatera Utara dan 23 orang dari Sumatera Selatan, pada hari Rabu 31 Agustus 2016 di Nagari Sunur Kec. Nan Sabaris Kab Padang Pariaman,” papar Afrinaldi.

Sebagai nara sumber pada kegiatan ini 21 orang Pendamping PKH yang ada di Kab. Padang Pariaman peserta penerima Program Keluarga Harapan dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sendiri. ** Hms/Sgr

1278 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*